KPAI: Kami Minta Djarum Hentikan Eksploitasi Anak, bukan Stop Audisi

KPAI juga menyampaikan agar masyarakat tidak terprovokasi oleh narasi dari pihak-pihak tertentu.

KPAI: Kami Minta Djarum Hentikan Eksploitasi Anak, bukan Stop Audisi
yahya g nasrullah/hidayatullah.com
Jumpa pers KPAI di Jakarta.

Terkait

Hidayatullah.com– Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) oleh berbagai pihak dituding seakan-akan mendukung untuk mematikan upaya pengembangan bakat anak Indonesia, terutama dalam olahraga bulutangkis.

Anggapan tersebut setelah beberapa hari ini beredar narasi yang dinilai menyimpang jauh terhadap maksud KPAI dalam kegiatan Audisi Beasiswa Bulutangkis yang disponsori Djarum Foundation yang mengandung unsur ‘eksploitasi’.

Berdasarkan hal tersebut, KPAI menyampaikan klarifikasi dan pelurusan opini.

Baca: YLKI Kritik Menpora Dukung Audisi yang Disponsori Djarum

“Kami menyampaikan klarifikasi, maksud KPAI adalah agar Djarum menghentikan eksploitasi anak pada audisi Djarum Badminton yang mengharuskan anak memakai kaos bertuliskan Djarum yang identik dengan merek dan brand image produk rokok,” ucap Sitti Hikmawatty, Komisioner KPAI dalam siaran persnya yang sampai kepada redaksi hidayatullah.com, Senin (09/09/2019)

Inti fokus pesan tersebut, lanjutnya, bukan menghentikan audisinya namun tetap bisa melakukan audisi dengan catatan tidak menyertakan anak-anak dengan identitas dan brand image, baik melalui company image dan colour image yang memiliki “Kesamaan pokok” untuk mempromosikan image perusahaan maupun image produk dalam audisi tersebut .

Pasalnya, hal tersebut bisa menjadi eksploitasi ekonomi terhadap anak-anak Indonesia. “Mereka bisa sebagai alat marketing,” katanya.

Baca: KPAI Minta Stop Eksploitasi Anak, Djarum Hentikan Sementara Audisi Bulu Tangkis 2020

KPAI juga menyampaikan agar masyarakat tidak terprovokasi oleh narasi dari pihak-pihak tertentu.

“Harapan kami agar masyarakat berhati-hati menangkap pesan-pesan yang beredar yang akan merugikan upaya kita bersama dalam melindungi anak Indonesia,” ujarnya.

KPAI berjanji tetap akan mengawasi kasus ini sampai akhir.*

Rep: Niesky Abdullah

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !