Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

8 Bulan, Sudah Ratusan Disabilitas Dapat Lapangan Kerja di Jakarta

muh. abdus syakur/hidayatullah.com
[Ilustrasi]
Bagikan:

Hidayatullah.com– Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DKI Jakarta telah memfasilitasi penempatan kerja bagi 185 penyandang disabilitas, termasuk di sejumlah perusahaan ternama, selama 8 bulan ini sejak Januari hingga Agustus 2019.

Ratusan penyandang disabilitas tersebut terdiri dari, 107 tunadaksa, 14 tunarungu, 48 tunawicara, 12 tunanetra, dan 4 tunagrahita.

“Mereka membutuhkan kesempatan untuk berkarya, kita fasilitasi itu. Semoga mereka semakin bisa hidup mandiri dan meningkatkan kesejahteraannya,” kata Kepala Disnakertrans DKI Jakarta, Andri Yansyah, Kamis (05/09/2019).

Menurutnya, pada tahun ini Disnakertrans DKI juga memberikan pelatihan bagi para penyandang disabilitas yang ingin memiliki bekal keterampilan kerja.

Untuk wilayah Jakarta Utara terdapat satu orang dengan kejuruan tata boga dan enam orang yang mengikuti pelatihan tata rias.

Di Jakarta Timur, ada satu orang dengan kejuruan bahasa Inggris, dan akan dilakukan untuk 10 penyandang disabilitas pada November mendatang dengan kejuruan operator komputer.

Lalu, ada empat orang di Jakarta Pusat mengikuti kejuruan teknik komputer.

Di Jakarta Barat, dilakukan pelatihan tata boga yang diikuti satu orang penyandang disabilitas, teknik sepeda motor satu orang, dan desain grafis satu orang tunadaksa.

“Mereka mengikuti pelatihan di Pusat Pelatihan Kerja Daerah dan Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industri yang ada di masing-masing wilayah,” paparnya kutip INI-Net.

Kata Andri, pelatihan dan penempatan kerja bagi penyandang disabilitas mengacu pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas dan PP Nomor 52 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Bagi Penyandang Disabilitas.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga mengacu pada Pergub Nomor 271 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi DKI Jakarta.

Andri menyebut sejumlah perusahaan yang telah mempekerjakan penyandang disabilitas tersebut, seperti perusahan media, bank plat merah, dan sebagainya.

“Kami tentu berharap akan semakin banyak perusahaan yang bisa mempekerjakan penyandang disabilitas,” ungkapnya.*

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

MUI: Jangan Boikot Pajak!

MUI: Jangan Boikot Pajak!

Indonesia Usulkan Tambahan Kuota 60.000 Calhaj

Indonesia Usulkan Tambahan Kuota 60.000 Calhaj

Para Artis Ikut Aksi “Indonesia Tanpa Liberal”

Para Artis Ikut Aksi “Indonesia Tanpa Liberal”

HNW: KH Hasyim Muzadi Mewaspadai jika Ada yang Benturkan Islam dengan Negara

HNW: KH Hasyim Muzadi Mewaspadai jika Ada yang Benturkan Islam dengan Negara

Umat Islam Menuntut Keadilan Jangan Dianggap Anti Kebhinnekaan

Umat Islam Menuntut Keadilan Jangan Dianggap Anti Kebhinnekaan

Baca Juga

Berita Lainnya