Fahira Berharap Jakarta Muharram Festival Jadi Agenda Resmi

"Seumur hidup tinggal di Jakarta baru kali ini saya menyaksikan malam pergantian Tahun Baru Islam dirayakan dengan begitu suka cita oleh segenap warga"

Fahira Berharap Jakarta Muharram Festival Jadi Agenda Resmi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat perayaan Jakarta Muharram Festival (JMF) 2019 di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Sabtu (31/08/2019) malam 1 Muharram 1441 Hijriyah.

Terkait

Hidayatullah.com– Senator DKI Jakarta Fahira Idris berharap agar Jakarta Muharram Festival menjadi agenda resmi yang wajib digelar oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta setiap memperingati tahun baru baru Islam, Hijriyah.

Akhir pekan kemarin, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara resmi menggelar Jakarta Muharram Festival untuk pertama kalinya dalam sejarah DKI Jakarta guna menyambut tahun baru Islam.

Gelaran Jakarta Muharram Festival 2019 untuk menyambut tahun baru Islam 1441 H berlangsung khidmat dan meriah.

Baca: Perdana, Anies Rayakan Malam Tahun Baru 1441H di Jakarta, Banjir Pujian

Fahira mengatakan, warga Jakarta khususnya umat Muslim yang sejak lama memimpikan pergantian tahun dalam kalender Islam ini menjadi agenda rutin Pemprov akhirnya untuk pertama kalinya terwujud pada tahun 2019 ini.

Ia menilai, kesuksesan acara ini menjadi dasar yang kuat menjadikan Jakarta Muharram Festival sebagai event resmi yang wajib dihelat siapapun pemimpin Jakarta kelak.

“Tidak hanya meriah, tetapi juga berlangsung khidmat. Seumur hidup tinggal di Jakarta baru kali ini saya menyaksikan malam pergantian Tahun Baru Islam dirayakan dengan begitu suka cita oleh segenap warga. Ini (Jakarta Muharram Festival) seperti mimpi warga terutama umat Islam Jakarta yang jadi kenyataan,” ujar Anggota DPD RI ini di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (02/09/2019).

Ia mengungkapkan, sepanjang lebih dari 5 tahun turun ke warga baik saat kampanye sebagai calon senator, sebagai Anggota DPD RI, dan saat kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017, salah satu keinginan terpendam warga adalah Pemprov memfasilitasi peringatan berbagai hari besar keagamaan.

Baca: Ribuan Siswa Maluku Tengah Pawai Sambut Tahun Baru Islam 1441H

Keinginan tersebut, ungkapnya, terlontar karena warga merasa pada periode-periode pemimpin Jakarta sebelumnya, acara peringatan keagamaan seperti tahun baru Islam digelar seadanya dan kebanyakan inisiatif warga.

“Dulu, acara Malam Tahun Baru Islam biasanya inisiatif warga. Di gelar di kampung-kampung atau sekitar lingkungan warga. Tetapi kini digelar secara meriah langsung di jantungnya kota Jakarta,” ungkap Wakil Ketua Komite I DPD RI ini.

Fahira pun berterima kasih dan mengapresiasi inisiatif Pemprov DKI dan para pemangku kepentingan yang sudah bersedia mewujudkan keinginan warga Jakarta ini.

“Jakarta Muharram Festival 2019 layak menjadi event resmi Jakarta,” ujarnya.

Baca: Semarak Menyambut Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah

Sebagai informasi, Jakarta Muharram Festival 2019 yang baru pertama kali digelar merupakan inisiasi dari Pemprov DKI berkolaborasi dengan pemangku kepentingan terkait.

Acara ini digelar di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia pada Sabtu (31/08/2019) dihadiri langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan dimeriahkan dengan beragam acara, pertunjukan dan penampilan.

Mulai dari Halal Food Festival, Beauty Jakarta Festival, Muharram Concert, Piala Gubernur Pawai Obor, dan Fire Dance. Tari Topeng, Palang Pintu, Lenong dan Pantun, hingga Ondel-ondel feat Perkusi Marawis. Pemprov DKI juga menampilkan pertunjukan Water Screen Projection Laser di air mancur Bundaran HI dan 3D Project Mapping Building.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !