Perdana, Anies Rayakan Malam Tahun Baru 1441H di Jakarta, Banjir Pujian

Anies menjelaskan, Perayaan Tahun Baru Islam kali ini merefleksikan kebaruan Pemprov DKI dalam menghadirkan kesetaraan dan keadilan bagi seluruh warga di Jakarta.

Perdana, Anies Rayakan Malam Tahun Baru 1441H di Jakarta, Banjir Pujian
istimewa
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disambut ribuan warga saat perayaan Jakarta Muharram Festival (JMF) 2019 di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Sabtu (31/08/2019) malam 1 Muharram 1441 Hijriyah.

Terkait

Hidayatullah.com– Untuk pertama kalinya, Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota (Pemprov DKI) Jakarta menggelar malam perayaan tahun baru Islam, Hijriyah, bertepatan di era kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Semalam, warga ibu kota disuguhkan acara peringatan Jakarta Muharram Festival (JMF) 2019 yang diselenggarakan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Sabtu (31/08/2019), sebagai gelaran perdana Pemprov DKI Jakarta dalam rangka menyambut Tahun Baru 1441 Hijriyah.

Sontak, Gubernur Anies menuai banjir pujian dari berbagai kalangan atas digelarnya festival tersebut.

“Alhamdulillah, untuk pertama kalinya Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan perayaan malam Tahun Baru Hijriah, JakartaMuharramFestival ditandai dengan panggung budaya dan pawai obor yang merupakan tradisi kita,” ujar Anies, Ahad (01/09/2019) usai festival itu di Instagram pantauan hidayatullah.com, disambut apresiasi warganet. “Maa Syaa Allaah, Tabarakallaah Pak 💕,” komentar @miasasma.

Anies menjelaskan, Perayaan Tahun Baru Islam kali ini merefleksikan kebaruan Pemprov DKI dalam menghadirkan kesetaraan dan keadilan bagi seluruh warga di Jakarta.

“Baru kemarin Pemprov DKI telah melakukan serah terima kunci hunian DP 0 rupiah, itu bukan sekadar pelaksanaan program, melainkan suatu bentuk kesetaraan bagi warga yang ingin memiliki hunian,” ungkap Anies.

Ia mengatakan, pihaknya ingin Jakarta membawa kebaruan dan kesetaraan, salah satunya adalah melalui acara ini, dimana ribuan pedagang kecil merasakan manfaat kegiatan ini dan manfaat ekonomi ini dirasakan sampai ke bawah, karena itulah fokus Pemprov DKI.

“Kami mohon doanya agar dimudahkan dalam mewujudkan program-program Pemprov DKI, agar selalu istiqamah untuk memajukan kota dan membahagiakan warganya. Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1441 Hijriah,” ujar mantan Mendikbud ini.

Baca: Ribuan Siswa Maluku Tengah Pawai Sambut Tahun Baru Islam 1441H

Anies sebelumnya juga menyatakan, perayaan malam tahun baru Islam ini merupakan perpaduan antara kebudayaan modern dan tradisi Indonesia. Perayaan malam hari ini juga bersamaan dengan pagelaran obor elektronik yang disadari bahwa obor adalah bagian dari tradisi di Indonesia.

Anies mengatakan, Insya Allah tahun yang baru Islam ini akan mengantarkan warga untuk bisa lebih banyak berkarya untuk lebih mudah dalam menjalankan semua urusan. Insya-Allah kata dia, tahun yang baru 1441 Hijriyah ini penuh keberkahan untuk semua

Anies pun bersama ribuan warga ibu kota yang hadir melaksanakan shalat isya berjamaah. Anies tampak mengenakan baju Muslim lengan panjang abu-abu, dipadukan dengan celana bahan warna hitam, serta peci warna hitam di kepalanya.

Ribuan warga saat perayaan Jakarta Muharram Festival (JMF) 2019 di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Sabtu (31/08/2019) malam 1 Muharram 1441 Hijriyah. [Foto: Istimewa]

Selain jamaah pria, sejumlah kaum hawa juga terlihat ikut dalam shaf shalat. Jamaah juga membacakan tahlil dan berdzikir, serta mendoakan Jakarta agar semakin baik di bawah kepemimpinan Anies.

Aparat kepolisian dan petugas Dishub DKI pun tampak terus berjaga-jaga agar situasi lalu lintas tetap berjalan lancar. Jalan itu sudah dilakukan penutupan dari Sabtu sore. Warga Jakarta begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut.

“Jakarta Bergemuruh dengan kalimat takbir, tahmid, tahlil, dan shalawat. Terima kasih Gubernur Jakarta @aniesbaswedan pertama kali menggelar pawai obor menyambut tahun baru Islam Muharam 1441 H. Semoga ini awal perubahan untuk menjadi lebih baik lagi. #Muharram1441H,” tulis warganet dengan akun Lucky J. Subiakto @luckysubiakto.

Baca: Sambut 1441H, AQL Eratkan Ukhuwah Lewat Turnamen Futsal

Dai muda Hilmi Firdausi lewat akunnya @Hilmi28 di Twitter turut mengapresiasi, “Gubernur yg mrk tuduh didukung muslim radikal, pro khilafah dsb,ternyata bgtu dicintai rakyatnya. Prtma dlm sejarah pawai Obor akbar di DKI menyambut Thn baru Islam..meriah. Budaya dilestarikan dipadu dgn syiar Islam. Inilah sejatinya Indonesia, smga tdk ada yg kejang2 mlhat ini.”*

Diketahui, festival itu dimeriahkan oleh lomba pawai obor yang disertai atraksi tari dengan peserta kurang lebih 3.000 hingga 4.000, lagu religi dan shalawat Nabi, serta artis band nasional. Ada pula tausiyah dan doa bersama yang dilakukan dalam momen pergantian tahun Hijriyah tersebut.

Pada kegiatan yang berlangsung pada pukul 17.00 -23:00 WIB ini, dimeriahkan dengan tiga panggung hiburan di sekitar Bundaran HI. Ikut tampil grup band Potret, Wali, Kotak, Koesplus Junior, Kanda Brothers, Jiung Band, dan Hijab Band, serta dimeriahkan oleh penyanyi dan artis nasional seperti Pasha, Opick, Wika Salim, Tantri, dan Takaeda.* (SKR/INI)

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !