Jum'at, 26 Maret 2021 / 12 Sya'ban 1442 H

Nasional

Waketum: Ustadz Abdul Somad Siap Temui MUI Rabu ini

abdus syakur/hidayatullah.com
Ustadz Abdul Somad (UAS) dalam ceramahnya pada Tabligh Akbar "Persatuan Umat untuk Indonesia" di halaman gedung AQL, Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (03/02/2018) malam.
Bagikan:

Hidayatullah.com– Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan bahwa Ustadz Abdul Somad (UAS) akan datang ke kantor MUI di Jakarta dalam rangka melakukan tabayun, Rabu (21/08/2019) dijadwalkan pukul 15.00 WIB.

“Insyaallah beliau siap bertemu dengan kami hari ini jam 15.00 di Kantor MUI,” ujar Zainut dalam keterangannya diterima hidayatullah.com, Rabu pagi.

Zainut mengatakan, MUI ingin menggali informasi dari ulama kondang tersebut untuk mengetahui secara detail tentang kronologi permasalahan agar nantinya MUI tidak salah dalam mengambil keputusan.

“Maka kami perlu bertabayyun terlebih dulu dengan yang bersangkutan,” imbuhnya.

Baca: 3 Jawaban Ustadz Abdul Somad Soal Video Tentang Salib

MUI ingin memposisikan diri sebagai mediator atau penengah dalam menyelesaikan masalah ini. MUI berharap masalah ini cepat bisa diselesaikan sehingga tidak berlarut.

“Untuk hal tersebut MUI mengimbau kepada semua pihak untuk bersabar, tetap tenang, tidak terpancing dan terprovokasi oleh pihak-pihak yang sengaja ingin menciptakan keresahan di masyarakat dengan cara mengadu domba antarumat beragama,” ujarnya.

MUI mengundang UAS dalam rangka klarifikasi atau tabayyun atas videonya yang belakangan viral. Hal tersebut sesuai dengan hasil keputusan Rapat Pimpinan Harian MUI pada Selasa (20/08/2019) yang menyepakati akan mengundang UAS untuk bersilaturahim sekaligus klarifikasi.

Baca: Penjelasan Muhammadiyah: Ceramah UAS Hanya untuk Kalangan Terbatas

Sebelumnya, Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional, KH Muhyiddin Junaidi, mengatakan, UAS siap menghadiri undangan MUI untuk bertabayun.

Sebelumnya MUI siap mengundang UAS untuk meminta tabayyun (klarifikasi) terkait videonya yang belakangan ini memviral.

Ia menjelaskan bahwa MUI mengundang UAS agar MUI tidak salah dalam mengambil keputusan terkait UAS. Diketahui, UAS dituding melakukan penistaan setelah videonya tentang salib dan patung memviral.

Baca: MUI Undang Ustadz Abdul Somad untuk Tabayun

Pada Senin malam baru-baru ini, Kiai Muhyiddin sempat bertemu dengan UAS. Dari pertemuan itu, ia mengungapkan bahwa UAS menyatakan siap bertemu pimpinan MUI.

“Insya Allah beliau siap bertemu dengan kami,” imbuhnya di depan para wartawan di Kantor MUI Pusat, Menteng, Jakarta, Selasa (20/08/2019).*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Kepala BNPB: Pendekatan ke Warga Pembakar Perlu Diperhatikan Semua

Kepala BNPB: Pendekatan ke Warga Pembakar Perlu Diperhatikan Semua

‘Petinggi Polri Jadi Plt Gubernur Harus Dibatalkan’

‘Petinggi Polri Jadi Plt Gubernur Harus Dibatalkan’

FPKS DKI Dukung Proses Hukum atas Ahok

FPKS DKI Dukung Proses Hukum atas Ahok

Tebar 1000 Jilbab di Karawang

Tebar 1000 Jilbab di Karawang

Gara-Gara Nama Batal ke Amerika, Padahal Robotnya Juara

Gara-Gara Nama Batal ke Amerika, Padahal Robotnya Juara

Baca Juga

Berita Lainnya