Idul Qurban

Pasar Jaya Sediakan 20 Ribu Besek Bambu Pengganti Kantong Plastik

"Penggunaan kantong plastik pada makanan bisa berpotensi kepada sejumlah jenis penyakit, selain itu kantong plastik juga sangat sulit terurai"

Pasar Jaya Sediakan 20 Ribu Besek Bambu Pengganti Kantong Plastik
Tagar
[Ilustrasi] Besek bambu untuk daging qurban

Terkait

Hidayatullah.com– Sebagai bentuk dukungan terhadap upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengurangi sampah plastik pada Idul Adha 1440 H, PD Pasar Jaya sudah menyediakan puluhan ribu besek bambu yang akan dijual ke masyarakat.

Pemprov DKI Jakarta sebelumnya mengimbau warga agar tidak menggunakan kantong kresek sebagai pembungkus daging kurban pada Idul Adha tahun ini.

Pemprov DKI melalui Perumda Pasar Jaya telah menyediakan alternatif pengganti kantong plastik yakni besek bambu.

“Kami menyediakan 20.000 besek bambu sebagai pengganti kantong plastik,” ujar Dirut Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin, Rabu (31/07/2019).

Baca: Penelitian: Ulat Pemakan Plastik Bisa Menguraikan Sampah

PD Pasar Jaya menjual besek bambu ini di 112 lokasi pasar yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta. Soal harga besek bambu ini, Pasar Jaya mematok sekitar Rp 2.000 per satu besek.

Ia menilai penggunaan besek bambu lebih praktis dan lebih aman dibandingkan penggunaan kantong plastik.

“Penggunaan kantong plastik pada makanan bisa berpotensi kepada sejumlah jenis penyakit, selain itu kantong plastik juga sangat sulit terurai, karena itulah disini Pasar Jaya mengambil alternatif untuk menjual besek bambu,” jelasnya.

Baca: Anies Terapkan Penggunaan Besek Bambu-Daun Pisang untuk Daging Qurban

Diharapkan, besek bambu bisa menjadi salah satu kampanye mengurangi sampah plastik.

Kata Arief, Pasar Jaya sejak lama sudah melakukan sosialisasi pengurangan sampah plastik kepada pedagang dan juga para pengunjung.

“Untuk Idul Adha tahun ini kita jual besek bambu. Diharapkan penggunaan kantong plastik bisa terus berkurang ke depannya,” ujarnya kutip INI-Net.*

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !