Gerakan Peduli Perempuan Tolak RUU P-KS

#GPP menolak RUU P-KS sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap perempuan yang ada di Indonesia.

Gerakan Peduli Perempuan Tolak RUU P-KS
ist.
Aksi menolak RUU P-KS di CFD Dago, Bandung, Ahad (28/04/2019).

Terkait

Hidayatullah.com– Di tengah suasana perpolitikan yang semakin menghangat pasca Pemilu 2019, penolakan terhadap Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU P-KS) terus disuarakan.

Adalah sebuah komunitas yang diberi nama Gerakan Peduli Perempuan (#GPP) menggelar aksi penolakan terhadap RUU P-KS berlokasi di area car free day (CFD) Dago, Kota Bandung, Jawa Barat, Ahad (28/04/2019).

Baca: 13 Ormas Islam Deklarasi Tolak RUU P-KS

#GPP merupakan gerakan gabungan yang terdiri dari organisasi dan komunitas perempuan se-Bandung Raya. Puluhan perempuan yang tergabung di dalam GPP melakukan aksi teatrikal dengan Freezee Mob dan menutup mulut.

Hal itu sebagai simbol bahwa RUU P-KS tidak mewakili semua suara dari perempuan dengan menutup mulut mereka.

#GPP mengatakan bahwa masih terdapat kerancuan di dalam RUU P-KS sehingga perlu adanya peninjauan ulang dan penggantian redaksi.

Baca: Anggota MUI: Naskah Akademik RUU P-KS ‘Beracun’

“Masih banyak ambiguitas dalam pasal yang terdapat di dalam RUU P-KS, seperti pada bab 1 pasal 1 tentang definisi dari kekerasan, lalu di pasal 2 tentang definisi dan tujuan, dan juga pasal 11 yang menyatakan tentang bentuk-bentuk dari kekerasan itu sendiri,” ujar Ketua #GPP Marcia yang juga sebagai pengurus Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMMI) Kabupaten Bandung dalam rilisnya diterima hidayatullah.com, Senin (29/04/2019).

Baca: PII Wati Tegas Menolak RUU P-KS

Massa aksi tersebut mendeklarasikan bahwa mereka ada di dalam barisan yang menolak RUU P-KS sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap perempuan yang ada di Indonesia.

“Kami selama ini tidak diam, kami menganalis dengan kritis apa yang sebenarnya ada di dalam Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual itu melalui naskah akademik RUU P-KS. Dan kami sepakat untuk menolaknya,” tegasnya.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !