MUI Mimika ajak Shalat Ghaib, Doakan Korban Teror Selandia Baru

MUI mengimbau umat Islam Kabupaten Mimika, Papua untuk bersikap tenang, tidak membuat pernyataan yang memperkeruh susana dan tidak terprovokasi serta (tetap) menunjukkan sikap toleransi.

MUI Mimika ajak Shalat Ghaib, Doakan Korban Teror Selandia Baru
ist.

Terkait

Hidayatullah.com– Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mimika mengimbau dan mengajak umat Islam agar mengadakan doa bersama dan shalat ghaib bagi korban aksi terorisme di dua masjid di Selandia Baru (New Zealand).

“Mengajak umat Islam Indonesia khususnya di Kabupaten Mimika – Papua dan DKM Masjid, Imam serta Mubaligh untuk mengadakan doa bersama dan shalat ghaib untuk korban penembakan yang gugur maupun yang selamat di Masjid An-Noor dan Lindwood, Christchurch, Selandia Baru,” bunyi pernyataan sikap MUI Mimika bersama ormas Islam Kabupaten Mimika, pengurus DKM, imam dan mubaligh di Kabupaten Mimika diterima hidayatullah.com, kemarin (17/03/2019).

Pernyataan sikap tersebut diambil setelah MUI Mimika bersama ormas Islam Kabupaten Mimika, pengurus DKM, imam dan mubaligh di Kabupaten Mimika menggelar rapat bersama pada hari Sabtu (16/03/2019) bertempat di Gedung Serba Guna Lt 2 Al-Ittihad Babussalam menyikapi teror di Selandia Baru.

Langkah itu sebagai luapan solidaritas sesama Muslim yang juga ikut merasakan kepedihan dan duka mendalam yang diderita oleh umat Muslim di Selandia Baru.

Ketua MUI Kabupaten Mimika H Muh Amin AR dalam sambutannya saat rapat tersebut mengatakan, ia mengutuk keras aksi terorisme yang terjadi di Selandia Baru.

Ia menilai aksi terorisme tersebut telah merusak tatanan kehidupan dunia, terlebih khusus daerah di Selandia Baru yang mana daerah tersebut dikenal penuh dengan kedamaian, keharmonisan, serta selalu menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi antar sesama.

Dalam rapat tersebut juga memberikan kesempatan dari masing-masing perwakilan ormas Islam, DKM dan para mubaligh untuk memberikan pandangannya tentang aksi terorisme tersebut, yang kemudian dirangkum dan dituangkan dalam Pernyataan Sikap Ormas Islam yang ada di Kabupaten Mimika.

Dalam rapat tersebut pun akhirnya dihasilkan sejumlah pernyataan sikap dari MUI dan ormas-ormas Islam dalam menyikapi kejadian penembakan tersebut.

Selain ajakan di atas, MUI dan ormas-ormas Islam Mimika juga menyatakan: Pertama, mengutuk keras dan mengecam tindakan pembunuhan dan penembakan yang sesungguhnya merupakan pembantaian dan aksi teroris yang sangat biadab, apapun motif dan latar belakangnya serta pelakunya.

Kedua, menyampaikan rasa belasungkawa dan turut berduka cita yang sangat mendalam kepada keluarga korban atas musibah yang terjadi di Masjid An-Noor dan Lindwood, Chrischthurch, Selandia Baru.

Ketiga, mengimbau kepada umat Islam Kabupaten Mimika, Papua untuk bersikap tenang, tidak membuat pernyataan yang memperkeruh susana dan tidak terprovokasi serta (tetap) menunjukkan sikap toleransi terhadap semua umat beragama pasca insiden teroris yang menyerang dan menembak jamaah Masjid An-Noor dan Lindwood tersebut.*

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !