Bawaslu Temukan Dua WNA Masuk DPT Tulungagung

"WNA ini tidak mempunyai hak pilih, maka harus dicoret."

Bawaslu Temukan Dua WNA Masuk DPT Tulungagung

Terkait

Hidayatullah.com– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mendapati ada dua warga negara asing asal Kepulauan Windsor dan Liberia yang lama bermukim di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, terdeteksi masuk dalam DPT Pemilu 2019 di sana, sehingga harus dicoret.

Hal itu diungkapkan anggota Badan Pengawas Pemilu Tulungagung, Endro Sunarko, Jumat, setelah mereka mendalami kepemilikan KTP elektronik tujuh WNA yang sudah bermukim dan tinggal di Tulungagung dalam jangka waktu beberapa lama.

Menurut dia, dari enam WNA yang sudah terlacak, dua nama di antaranya dipastikan ikut tercantum dalam DPT yang telah ditetapkan KPU.

“WNA ini tidak mempunyai hak pilih, maka harus dicoret,” kata dia lansir Antaranews.com, Jumat (08/03/2019).

Baca: 103 WNA yang Masuk DPT Berasal dari 29 Negara

Sedangkan terhadap empat nama lain yang sudah berhasil ditelusuri tim Bawaslu, Endro memastikan tak tercantum dalam DPT. Kini masih satu WNA lagi yang belum berhasil mereka identifikasi keberadaannya maupun statusnya di Tulungagung.

“Masih terus kami selidiki. Jumlah WNA di Tulungagung kemungkinan lebih banyak dari data sementara yang kami pegang,” katanya.

Kedua WNA teridentifikasi dalam DPT Pemilu 2019 itu berasal dari Kepulauan Windsor (persemakmuran Inggris) atas nama Peter Geoffrey Watson (70) dan Muhamed Nur Bin Daud asal Liberia.

Baca: WNA Masuk DPT Makin Banyak, Berpotensi Mendelegitimasi Pemilu

Kata Sunarko, nama keduanya ditemukan saat tim Bawaslu mendalami temuan tujuh WNA Tulungagung yang mempunyai KTP elektronika.

Ketujuh WNA itu tersebar di wilayah kecamatan Kalidawir, Pakel, Ngantru, dan Tulungagung.

Dari tujuh WNA, baru enam yang terdeteksi keberadaannya, sedangkan satu WNA masih belum diketahui. Mereka berasal dari negara Liberia, Singapura, Kep. Windsor, Pakistan, Taiwan dan India. KPU Tulungagung enggan berkomentar tentang ini.*

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !