Kemlu RI: Putra Mahkota Saudi Tunda Kunjungan ke Indonesia

Sebelumnya pemerintah memastikan Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Mohammad bin Salman akan melakukan kunjungan kerja ke Indonesia pada 18 Februari mendatang.

Kemlu RI: Putra Mahkota Saudi Tunda Kunjungan ke Indonesia
kbrn

Terkait

Hidayatullah.com– Recana kunjungan kerja Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Mohammad bin Salman (MBS) kerja ke Indonesia pada 18 Februari mendatang ditunda.

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) menyampaikan hal itu dalam rilis singkatnya dua paragraf.

Namun Kemlu RI tak menjelaskan alasan penundaan kunjungan MBS ke Indonesia tersebut.

“Rencana kunjungan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz Al Saud ke kawasan Asia Tenggara (Indonesia dan Malaysia) ditunda pelaksanaannya,” rilis Kemlu RI kutip laman resmi Kemlu.go.id, Sabtu (16/02/2019).

Menurut Kemlu RI, kedua negara akan senantiasa berkomunikasi soal penjadwalan ulang rencana kunjungan MBS ke Indonesia.

“Indonesia dan Saudi Arabia akan terus berkomunikasi untuk menentukan jadwal baru, sekaligus memastikan hasil-hasil kunjungan (deliverables) yang lebih optimal,” jelasnya.

Baca: Putra Mahkota Saudi akan Bertemu Jokowi di Jakarta

Sebelumnya diketahui, Pemerintah memastikan Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Mohammad bin Salman akan melakukan kunjungan kerja ke Indonesia pada 18 Februari mendatang.

Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Desra Percaya mengatakan Putra Mahkota, yang populer dipanggil MBS, akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo pada 19 Februari di Istana Bogor, Jakarta.

”Kalau ditanyakan kunjungan terkait apa, tadi saya sebutkan merupakan kunjungan kerja dan bagian dari rangkaian Putera Mahkota ke Asia dan Indonesia adalah salah satunya,” ujar Desra dikutip Anadolu di Jakarta hari Jumat.

Desra mengatakan dalam pertemuan itu Joko Widodo dan MBS akan membahas sejumlah isu di antaranya mengenai isu regional dan global serta isu ekonomi dan juga isu terkait kepentingan bilateral kedua negara.

Meski tidak menjelaskan secara lugas, Desra menyebut bahwa tidak menutup kemungkinan dalam pertemuan itu akan membahas mengenai kasus pembunuhan jurnalis asal Saudi Arabia Jamal Khashoggi.

Baca: CIA: Putra Mahkota Saudi Perintahkan Pembunuhan Khashoggi

“Dalam konteks mekanisme penyusunan talking point Presiden, kami dari Kemenlu dan Ibu Menteri Luar Negeri yang menyampaikan bahan kepada Presiden. Dan final apa yang disampaikan Presiden tergantung beliau,” kata Desra.

Saat ditanya mengenai kemungkinan pembahasan Khashoggi, Desra menegaskan tidak menutup kemungkinan kedua kepala pemerintahan akan membicarakan isu regional dan globa

Selain itu, kata Desra, dalam pertemuan tersebut, Indonesia dan Arab Saudi akan menyepakati sejumlah kerja sama di antaranya di sektor energi.

Selain dengan Presiden RI Joko Widodo, Mohammad bin Salman akan bertemu dengan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Jakarta.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !