Sekjen MUI Ucapkan Selamat Harlah NU ke-93

"Semoga NU bisa berperan lebih aktif lagi di dalam usaha untuk memperkuat persatuan dan kesatuan umat."

Sekjen MUI Ucapkan Selamat Harlah NU ke-93
zulkarnain/hidayatullah.com
[Kiri ke kanan] KH Bachtiar Nasir (Ketua GNPF Ulama), Marsudi Syuhud (PBNU/MUI), Anwar Abbas (Muhammadiyah/MUI), Zainut Tauhid (MUI), KH Ma'ruf Amin (Ketua Umum MUI), Hidayat Nur Wahid (Wakil Ketua MPR), Zulkifli Hasan (Ketua MPR), Jimly Asshiddiqie (Ketua Umum ICMI), dan Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta) saat pembacaan petisi MUI pada Aksi Bela Palestina di Lapangan Medan Merdeka Monas, Jakarta, Ahad (17/12/2017).

Terkait

Hidayatullah.com– Tepat terhitung hari ini, Kamis (31/01/2019), 93 tahun silam, salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU), dilahirkan.

“Alhamdulillah hari ini NU genap berusia 93 tahun. NU terus mengokohkan semangat ke-Indonesia-an,” ucap syukur Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU, Robikin Emhas, dalam keterangan tertulisnya yang diterima hidayatullah.com, Kamis.

Baca: Wantim MUI Minta Ulama Tak Umbar Pernyataan yang Undang Konflik

Indonesia, menurut Robikin, bukan negara agama. Namun ia menegaskan, tak seorang pun warga negara Indonesia boleh tidak beragama. Konstitusi, terangnya, bahkan menjamin kemerdekaan tiap penduduk untuk memeluk dan menjalankan peribatannya sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.

“Dengan demikian harus dikatakan dengan tegas, Indonesia bukan darul kufr (negara kafir),” ujarnya.

Baca: Muhammadiyah: Indonesia Harus jadi Milik Semua

NU berpandangan bahwa Indonesia merupakan darussalam (negara damai). Karena itu, kata Robikin, siapa pun tidak boleh menjadikan Indonesia sebagai darul harb (kawasan perang), sekalipun di media sosial.

“Jadi, jangan mempertentangkan agama dengan negara. Karena agama dan negara bisa saling memperkuat,” pesannya.

Baca: Sekjen PBNU Klarifikasi Pernyataan KH Said Soal ‘Selain NU Salah Semua’

Sekretaris Jenderal MUI Pusat, Anwar Abbas, mengucapkan selamat harlah yang ke-93 kepada NU. Ia berharap, mudah-mudahan peran dan kontribusi NU untuk kemajuan umat, bangsa dan negara semakin lebih berarti dan bermakna.

“Semoga NU bisa berperan lebih aktif lagi di dalam usaha untuk memperkuat persatuan dan kesatuan umat,” pesannya saat dihubungi hidayatullah.com, Kamis.* Andi

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !