Gempa Magnitudo 6,7 Guncang Pulau Sumba, Warga Panik

"Gempa kencang, lebih kuat dari sebelumnya. Warga berhamburan ke luar rumah. Ada tembok pagar tetangga yang retak."

Gempa Magnitudo 6,7 Guncang Pulau Sumba, Warga Panik
BMKG
Gempa 6,7 SR guncang Pulau Sumba NTT, Selasa (22/01/2019).

Terkait

Hidayatullah.com– Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,7 mengguncang Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Selasa (22/01/2019) tercatat pukul 12.10 WIB atau 13.10 WITA.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa terkini itu berpusat di perairan, sejauh 120 kilometer dari Kabupaten Sumba Barat.

“#Gempa Mag:6.7, 22/01/2019 12:10:02 (Pusat gempa di Laut 120 km BaratDaya SUMBABARAT), Kedlmn:10 Km Dirasakan (MMI) IV Waingapu, III-IV Bima, III Sumbawa, II-III Mataram, II-III Lombok Barat, II-III Denpasar, II Lombok Utara, IV Waikabubak, #BMKG,” akun resmi BMKG ‏@infoBMKG melaporkan lewat Twitter.

Baca: Gempa M 4,8 di Tasikmalaya

Penelusuran hidayatullah.com, sebelumnya pada hari ini gempa telah beberapa kali mengguncang Pulau Sumba.

BMKG mencatat gempa pertama terjadi pukul 06.59 WIB atau 07.59 WITA berkekuatan magnitudo 6,2, dengan kedalaman 10 kilometer di perairan sejauh 103 kilometer sebelah barat daya Kabupaten Sumba Barat.

Selang sembilan menit kemudian, gempa kembali mengguncang. Kali ini berkekuatan magnitudo 5,2 dengan pusat gempa berada sejauh 74 kilometer sebelah barat daya Kabupaten Sumba Barat.

Baca: Gempa di Yunani Terasa Sampai Libya

Adapun gempa ketiga terjadi pukul 08.56 WIB, berkekuatan magnitudo 5,2 dengan pusat gempa berada di perairan sejauh 88 kilometer sebelah barat daya Kabupaten Sumba Barat.

Menurut BMKG, ketiga gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Saat gempa berkekuatan magnitudo 6,7 tadi terjadi, warga mengalami kepanikan.

“Gempa kencang, lebih kuat dari sebelumnya. Warga berhamburan ke luar rumah. Ada tembok pagar tetangga yang retak,” kata Heinrich Dengi, penyiar stasiun radio Max FM di Kota Waingapu kutip Bbc.com, Selasa.*

Baca: Fahri Hamzah Kritik Birokrasi Penanganan Gempa NTB

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !