Generasi Muda Mesti Sadar Pentingnya Peradaban Islam

"Membangun peradaban Islam itu bisa kita mulai dengan segera, minimal dari diri sendiri dan keluarga, ibda' binafsih. Selanjutnya membangun komunitas dan masyarakat luas."

Generasi Muda Mesti Sadar Pentingnya Peradaban Islam
imam nawawi/hidayatullah.com
Dr Abdul Mannan dalam arena Seminar dan Bedah Buku "Era Peradaban Baru" di Islamic Center Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (19/01/2019).

Terkait

Hidayatullah.com– Tema peradaban memang bukan tema biasa. Penulis buku Era Peradaban Baru, Dr Abdul Mannan pun mendorong generasi muda untuk memiliki tanggung jawab peradaban.

“Generasi muda mesti membaca dan mengerti tentang kajian peradaban. Karena peradaban merupakan tema sentral dalam perjalanan sejarah umat manusia,” terangnya dalam arena Seminar dan Bedah Buku “Era Peradaban Baru” di Islamic Center Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (19/01/2019).

Selanjutnya, Ketua Umum DPP Hidayatullah periode 2005-2015 itu menekankan pentingnya meneladani Rasulullah di dalam upaya membangun peradaban.

Baca: Sejarawan: Toleransi Karakter Menonjol pada Peradaban Islam

“Membangun peradaban, berarti memanifestasikan iman. Artinya, membangun peradaban Islam adalah memanifestasikan iman di dalam segala aspek kehidupan. Di sini kita tidak punya teladan lain kecuali merujuk pada Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, yang bukan saja pemimpin dunia, tetapi juga pemimpin akhirat. Adakah pemimpin yang memimpin di dunia dan akhirat, selain Rasulullah,” ucapnya menegaskan.

Menurutnya, hal itulah yang dilakukan oleh para penyeru tegaknya peradaban di dunia Islam, mulai dari Rasyid Ridha hingga KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asy’ari.

“Mereka semua menyerukan penting umat Islam sadar akan peradabannya yang agung nan mulia,” tegasnya.

Baca: Santri PRISTAC Bedah Buku Fatih Madini “Mewujudkan Insan dan Peradaban Mulia”

Terakhir, Abdul Mannan berpesan bahwa inti dari membangun peradaban adalah kesadaran setiap diri untuk mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam.

“Membangun peradaban Islam itu bisa kita mulai dengan segera, minimal dari diri sendiri dan keluarga, ibda’ binafsih. Selanjutnya membangun komunitas dan masyarakat luas,” pungkasnya.*

Rep: Imam Nawawi

Editor:

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !