Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Ustadz ABB Merespons Positif Yusril Mau Bantu Membebaskan

yahya g nasrullah/hidayatullah.com
Koordinator Tim Pengacara Muslim (TPM), Ahmad Michdan, di Aula Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII), Jakarta, Selasa (20/02/2018).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Pengacara Ustadz Abubakar Ba’asyir (ABB), Achmad Michdan, menekankan bahwa pihaknya termasuk pihak keluarga Ustadz ABB sudah sejak lama mengupayakan pembebasan terhadap Pendiri Ponpes Al-Mukmin Ngruki itu.

“Kalau minta dibebaskan kan kita udah minta juga bolak-balik, kita memang juga udah kirim surat ke Presiden (Joko Widodo),” ujarnya di Bogor, Jawa Barat, kepada hidayatullah.com lewat sambungan telepon, Jumat (18/01/2019) sore saat ditanya siapa yang pertama kali meminta pembebasan tersebut.

Baca: Keluarga Sudah Lama Minta Abu Bakar Baasyir Segera Dibebaskan

Ia mengatakan, pihaknya meminta pembebasan ABB sejak sebelum heboh kedatangan mendadak Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu, yang mengunjungi keluarga Ustadz ABB di Kompleks Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Cemani, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (27/02/2018).

Dalam pertemuan tersebut, pihak keluarga membicara banyak hal. Antara lain, kepada Menhan keluarga meminta agar pemerintah khususnya Presiden Joko Widodo merumahkan Ustadz ABB.

“Soal Ustadz Abu, saya memang terus terang menyampaikan ke beliau, minta supaya kalau bisa disampaikan ke Presiden lah untuk bisa Ustadz Abu itu dirumahkan saja,” ujar putra Ustadz ABB, Abdul Rochim Baasyir alias Iim, kepada hidayatullah.com, saat itu Kamis (01/03/2018).

Setelah itu, kata Michdan, pihaknya pun menyusulkan surat permohonan pembebasan Ustadz ABB ke pemerintah.

Baca: Dikunjungi Menhan, Keluarga Minta Ustadz Abu Bakar Baasyir Dirumahkan

Singkatnya, pertengahan Januari 2019 atau hampir setahun setelah kedatangan Menhan ke Ngruki tersebut, pengacara yang juga Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra, berupaya membantu pembebasan Ustadz ABB.

Sang ustadz yang dipenjara atas tuduhan terkait “terorisme” tersebut pun akan segera dibebaskan dalam waktu dekat.

“Jadi ini, ya kita berhusnudzon saja, artinya kalau misalnya sekarang baru diizinkan kan sesuatu yang baik,” ujar Michdan yang juga dari TPM ini.

Ustadz ABB pun merespons positif Yusril yang mau membantu.

“Kalau antum bisa ya membantu pengurusan ini, mudah-mudahan amal baik antum dicatat oleh Allah,” ujar Ustadz ABB ditirukan Michdan yang mendampinginya saat Yusril menyambangi  LP Gunung Sindur, Bogor, tempat Ustadz ABB ditahan.

Baca: Ustadz Abu Bakar Baasyir Akan Dibebaskan

Rencana pembebasan tersebut, kata dia, “Ini sebetulnya ya memang bukan barang baru lah gitu.”

Menurutnya, berdasarkan keterangan dari Yusril, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly sudah tidak keberatan.

“Tapi kan tentu ada administrasinya. Nah ustadz sendiri juga tadi menegaskan, kalau memang saya mau dibebaskan segera, minta tiga sampai lima hari untuk membereskan barang-barang saya, begitu,” ujarnya.

Kemungkinan pekan depan Ustadz ABB segera dibebaskan.*

Baca: Wiranto-Yasonna Disayangkan Tolak Berikan Remisi Tahanan Rumah Ustadz Abu Bakar

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Ekonomi Keummatan Harus Benar-benar Digerakkan untuk Menopang Dakwah

Ekonomi Keummatan Harus Benar-benar Digerakkan untuk Menopang Dakwah

Soal Izin Investasi Miras, Persis: Peraturan Perundangan di Indonesia Tak Boleh Abaikan Norma Agama dan Budaya Bangsa yang Religius

Soal Izin Investasi Miras, Persis: Peraturan Perundangan di Indonesia Tak Boleh Abaikan Norma Agama dan Budaya Bangsa yang Religius

Spirit of Aqsa Akan Tuntut Jokowi di Akhirat Jika Tak Penuhi Janjinya Soal Palestina

Spirit of Aqsa Akan Tuntut Jokowi di Akhirat Jika Tak Penuhi Janjinya Soal Palestina

MUI: Pentingya Koordinasi Dalam Berdakwah

MUI: Pentingya Koordinasi Dalam Berdakwah

hari gizi nasional

Hari Gizi Nasional BMH Gelar Sosialisasi Pencegahan Anemia dan Penyerahan Paket Gizi

Baca Juga

Berita Lainnya