Empat Ulama Uighur Bersilaturahim dengan DPP Hidayatullah

Nashirul Haq menyampaikan rasa keprihatinan mendalam atas apa yang dialami saudara-saudara Muslim di Uighur.

Empat Ulama Uighur Bersilaturahim dengan DPP Hidayatullah
mahladi/hidayatullah.com

Terkait

Hidayatullah.com– Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah pada Senin malam (14/01/2019) mengundang empat ulama Uighur untuk mendengarkan kesaksian mereka tentang kondisi kaum Muslim yang berada di wilayah Turkistan Timur. Dua di antara mereka adalah Dr Ataullah Syahyar dan Dr Abdussaalam Alim.

Silaturahim penuh keakraban ini berlangsung di salah satu rumah makan di kawasan Jakarta Pusat. Hadir dalam acara santai namun serius tersebut Ketua Umum DPP Hidayatullah, Dr Nashirul Haq, anggota Dewan Pertimbangan Pimpinan Umum Hidayatullah, Ustadz Hamim Thohari, serta sejumlah ketua bidang dan ketua departem DPP Hidayatullah.

Baca: Ittihad Ulama Uighur: Kamp Konsentrasi untuk Cuci Otak Agar Tak Percaya Agama

Dalam pertemuan itu, Abdussalam, yang juga anggota Persatuan Ulama Turkistan Timur ini menceritakan bahwa kamp konsentrasi yang dibangun pemerintah China untuk penduduk Muslim Uighur benar-benar nyata. Di dalam kamp tersebut, kaum Muslim Uighur diperlakukan tidak adil. Mereka berusaha dijauhkan dari agamanya dan dihambat ibadahnya.

Bahkan, perlakuan dzalim ini tak sekadar dialami oleh mereka yang disekap di kamp konsentrasi tersebut, tetapi juga dialami kebanyakan masyarakat Uighur. Banyak di antara mereka yang ditangkap tanpa sebab yang jelas, dipisahkan dari keluarga mereka, dan dipersulit menjalankan ibadah dan menerapkan syariat Islam.

Baca: Ulama Uighur: Angkat Isu Berhentikan Kamp Konsentrasi

Akibat perlakuan ini, sebagian dari penduduk Muslim Uighur terpaksa hijrah ke luar Uighur, termasuk ke Turki. Dr Ataullah Syahrar termasuk mereka yang hijrah ke Turki, sedang Abdussalam saat ini menjadi dosen di Adelaide Australia.

Dalam kesempatan itu Nashirul Haq menyampaikan rasa keprihatinan mendalam atas apa yang dialami saudara-saudara Muslim di Uighur. Nashirul berharap Allah Ta’ala memberikan kesabaran yang tinggi kepada mereka dan berdoa semoga masyarakat Muslim Uighur segera keluar dari kesulitan ini.

Ikut hadir dalam silaturahim tersebut sejarawan muda dari Pesatuan Islam (Persis) Dr Tiar Anwar Bachtiar, serta sejumlah wartawan dari Jurnalis Islam Bersatu (JITU).*

Baca: DPP Hidayatullah Desak Indonesia Lakukan Upaya Diplomatik

Rep: Mahladi

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !