“Kita Harus Bikin Mobil Benar-benar Produk Indonesia”

"Jangan mobil etok-etok!" ujar Prabowo diduga menyindir mobil Esemka yang sempat digadang-gadang Jokowi.

“Kita Harus Bikin Mobil Benar-benar Produk Indonesia”
Istimewa
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam pidato kebangsaan "Indonesia Menang" di JCC Senayan, Jakarta, Senin (14/01/2019) malam.

Terkait

Hidayatullah.com– Bangsa Indonesia harusnya bisa berdikari, berdiri di atas kaki sendiri. Apalagi kekayaan Indonesia begitu melimpah.

Demikian salah satu poin pidato kebangsaan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto di JCC Senayan, Jakarta, semalam, Senin (14/01/2019).

Ketua Umum Partai Gerindra menegaskan antara lain bahwa Indonesia harus mampu membuat produk-produk sendiri, seperti mobil, pesawat, dan helikopter.

“Tidak berapa lama yang lalu kita pernah berhasil membikin pesawat terbang, helikopter, produk-produk canggih berteknologi tinggi,” ujarnya yang berdiri didampingi cawapres Sandiaga Uno.

Baca: Prabowo Tegaskan Tak Boleh Ada Lagi Kriminalisasi Ulama

Ia pun bertanya, apakah bangsa ini mampu atau tidak meneruskan apa yang dulu pernah berhasil dilakukan itu?

“Saya yakin -kalian juga akan setuju dengan saya- saya yakin kita mampu,” jawab Prabowo.

Ia pun menyinggung soal produksi mobil nasional.

“Kita harus bikin mobil…” ujarnya. Mendengar itu, hadirin tertawa, Prabowo diam sejenak, lantas mengacungkan simbol dua jari ke atas, lalu melanjutkan pidatonya.

“Kita harus bikin mobil bener-bener produk Indonesia. Jangan mobil etok-etok!” ujarnya tanpa menjelaskan “etok-etok” dimaksud. Ia mengaku apa yang disampaikan itu di luar naskah pidato yang sebelumnya telah disiapkan.

“Ini di luar teks,” ujarnya, seraya memperlihatkan lembaran teks pidatonya dari meja podium kepada belasan ribu hadirin dan diperkirakan jutaan pemirsa yang menonton live streaming pidatonya lewat berbagai platform media sosial.

“Kita harus mampu bikin kapal-kapal niaga, kapal-kapal angkut, kereta api,” tambah Prabowo.

Baca: Pidato Prabowo Paparkan 5 Strategi Utama “Indonesia Menang”

Pidato Prabowo soal mobil nasional itu diduga menyinggung Presiden Jokowi Widodo.

Diketahui sebelumnya, lawan politik Prabowo, yang merupakan capres petahana Jokowi pernah menggadang-gadang program mobil nasional karya anak bangsa yakni Esemka.

Namun, prototipe mobil yang pernah menjadi kendaraan Jokowi semasa menjabat Wali Kota Solo itu hingga saat ini tak kunjung diproduksi massal. Esemka merupakan prototipe mobil uji coba karya pelajar SMK yang dibantu teknisi perusahaan mapan. Jokowi banyak menuai kritik soal mobil Esemka ini.*

Baca: #PidatoKebangsaanPrabowo #IndonesiaMenang Trending Topic

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !