Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Mahasiswa Muslim harus Berusaha Menjaga Keimanannya

LIDMI
Andi Sudirman Sulaiman, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan saat memberikan sambutan dalam Musyawarah Pimpinan Nasional (MUSPIMNAS) Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia (LIDMI) LIDMI 2018, Gedung Pola Kantor Gubernur Sulsel, Makassar, Sabtu (29/12/2018).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Dunia Kampus adalah momen yang sangat tepat untuk mengembangkan diri bagi para mahasiswa. Bukan hanya dengan fokus pada materi perkuliahan, namun mengambil banyak pengalaman pada sumber-sumber keilmuwan yang lain, salah satunya adalah ilmu agama.

“Anak-anak kampus, dapat kesempatan belajar dalam kampus karena salah satu faktor pendukung belajar adalah lingkungan, maka manfaatkan kampus sebagai lingkungan yang sangat mendukung kerja-kerja keilmuwan yang tentu tidak akan berulang,” tutur Andi Sudirman Sulaiman, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan saat memberikan sambutan dalam Musyawarah Pimpinan Nasional (MUSPIMNAS) Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia (LIDMI) LIDMI 2018, Gedung Pola Kantor Gubernur Sulsel, Makassar, Sabtu (29/12/2018).

Baca: Mahasiswa Balikpapan Disiapkan Lagi Terjun Berdakwah

Alumnus Teknik Mesin Universitas Hasanuddin ini mengatakan, walaupun kuliah di kampus yang tidak berlabel Islam, namun mahasiswa Islam harus berusaha menjaga dan mempertahankan keimanan mereka dalam segala hal.

“Kita belajar dari kisah Nabi Yusuf Alaihi salam, yang berhasil melewati salah satu fitnah terbesar yakni fitnah wanita. Maka anda para mahasiswa, khususnya pemuda Islam, harus mampu menghindari fitnah tersebut dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam wilayah kampus,” tuturnya.

“Jadi mahasiswa itu baru sampai pada fitnah wanita, belum sampai pada fitnah tahta dan harta. Maka harus berlatih sebelum tiba saatnya dipertemukan dengan dua fitnah terbesar tersebut,” tambahnya.

Identitas keislaman harus dijaga baik, kata pria berdarah Bugis Bone ini. Menurutnya, kuliah yang baik itu jika idealitas sebagai seorang mahasiswa Muslim tetap terjaga walaupun telah menamatkan kuliah.

“Intinya adalah latihan di kampus agar idealisme itu tetap ada dan agama tetap terjaga. Sehingga idealisme kita tunduk pada agama,” ujarnya sebagaimana siaran pers LIDMI diterima hidayatullah.com.

Baca: Hoax Radikalisme Kampus, Upaya Membungkam Kekritisan Mahasiswa

Di akhir sambutan, bapak tiga anak ini berpesan agar LIDMI sebagai lembaga kemahasiswaan sekaligus kepemudaan harus konsisten dalam menjaga identitas keislaman para mahasiswa binaannya.

Dia juga membuka kegiatan MUSPIMNAS LIDMI secara resmi, di hadapan ratusan peserta kegiatan yang hadir.

LIDMI menggelar MUSPIMNAS di Pesantren Pondok Madinah, Sabtu (29/12/2018) hingga Ahad (30/12/2018) yang menghadirkan jajaran Pimpinan Wilayah dan Daerah Se Indonesia.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

PKUB Kemenag: Tak Ada Konflik Rumah Ibadat Jika PBM Dijadikan Acuan

PKUB Kemenag: Tak Ada Konflik Rumah Ibadat Jika PBM Dijadikan Acuan

PKS: Hakim juga Harus Adili Kasus Hambalang dan Centrury

PKS: Hakim juga Harus Adili Kasus Hambalang dan Centrury

Banjarmasin Akan Bangun Masjid Cheng Ho

Banjarmasin Akan Bangun Masjid Cheng Ho

Konser Lady Gaga Mengkampanyekan Kebebasan

Konser Lady Gaga Mengkampanyekan Kebebasan

Keuangan Syariah Indonesia Masih di Bawah Malaysia dan Arab Saudi

Keuangan Syariah Indonesia Masih di Bawah Malaysia dan Arab Saudi

Baca Juga

Berita Lainnya