Ribuan Dai Bersilaturahim Naik Kapal ke Balikpapan

Di antara alasan menggunakan kapal juga untuk merekatkan ukhuwah di antara mereka dan memang begitulah yang mereka rasakan dalam perjalanan selama berhari-hari di atas laut.

Ribuan Dai Bersilaturahim Naik Kapal ke Balikpapan
skr/hidayatullah.com
Para dai-daiyah peserta silaturahim nasional seturunnya dari KM Labobar di Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kaltim, Senin (19/11/2018).

Terkait

Hidayatullah.com– Sekitar puluhan ribu dai-daiyah dari berbagai daerah se-Indonesia mendatangi Kota Balikpapan di Kalimantan Timur untuk menjalin silaturahim sejak beberapa hari dan pekan belakangan ini.

Ribuan di antaranya berangkat ke Balikpapan dari sejumlah daerah dengan menggunakan armada laut kapal milik Pelni. Mereka tiba di Pelabuhan Semayang Balikpapan pada Ahad (18/11/2018) dan Senin (19/11/2018).

Pantauan hidayatullah.com, Senin siang-sore tadi, ribuan penumpang turun dari KM Labobar setelah merapat sekitar pukul 16.00 WITA, termasuk dai-daiyah tersebut.

Baca: Warga Mamuju Angkut Berkuintal Pisang Sumbang Silatnas

Kedatangan para dai itu dalam rangka mengikuti Silaturahim Nasional (Silatnas) Hidayatullah yang besok, Selasa (20/11/2018), mulai digelar di Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak, Balikpapan Timur.

Begitu turun dari kapal, mereka disambut panitia khusus penjemputan yang siaga di area dalam pelabuhan. Sementara itu puluhan kendaraan penjemput disiapkan di area parkir. Berbagai jenis kendaraan seperti bus dan truk itu merupakan dukungan dari Pemerintah Kota Balikpapan serta pihak TNI/Polri setempat.

Kendaraan disiapkan untuk menjemput para dai dan diantarkan ke kampus Gunung Tembak yang berjarak 30 kilometer lebih dari pelabuhan.

Baca: Peserta Silatnas Hidayatullah Datang, Bawa Spirit Berkhidmat

Para dai yang tiba hari ini dari berbagai jurusan pelayaran, antara lain KM Labobar melintasi Papua, Maluku, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah. Berdasarkan informasi resmi, rombongan dai tersebut total sebanyak 700 orang termasuk Muslimah dan anak-anak.

Namun “(diperkirakan) ada seribuan tadi tuh,” ujar Ahmad Arsyad, Ketua DPW Hidayatullah Sulteng yang bertugas di Palu, ditemui usai shalat isya berjamaah di Masjid Ar-Riyadh Gunung Tembak Senin malam ini.

Muallimin, Ketua DPW Hidayatullah Papua, mengatakan, rombongannya sebanyak 71 orang berangkat dari Papua pada Rabu (14/11/2018) alias mereka berlayar selama hampir sepekan hingga tiba di Balikpapan.

Baca: Sambut Silatnas, Hidayatullah Tugaskan 102 Sarjana Dai Berdakwah

Di antara alasan menggunakan kapal juga untuk merekatkan ukhuwah di antara mereka dan memang begitulah yang mereka rasakan dalam perjalanan selama berhari-hari di atas laut. “Ini juga bentuk solidaritas dengan teman-teman lain yang tidak mampu (naik pesawat),” ujarnya saat dibersamai media ini di atas truk TNI dalam perjalanan dari pelabuhan, Senin sore.

Sebelumnya, Ahad kemarin, sedikitnya 300 orang rombongan dai-daiyah antara lain dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat juga tiba di Pelabuhan Semayang dengan KM Lambelu. Ratusan lainnya tiba di Balikpapan lewat jalur udara dan darat.

Rangkaian Silatnas Hidayatullah berlangsung pada Selasa-Ahad (20-25/11/2018), akan dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada tanggal 22 bulan ini.*

Baca: Dari Nenek Lansia untuk Silatnas Hidayatullah

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !