Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Wapres JK Raih Award di Milad Muhammadiyah 106 Tahun

setwapres
Wapres Jusuf Kalla saat memberikan sambutan pada Milad Muhammadiyah ke-106 tahun di Puro Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Ahad (18/11/2018).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK) meraih Muhammadiyah Awards yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir. Wapres menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas penghargaan tersebut.

Wapres JK mengapresiasi peran penting Muhammadiyah dalam hal memajukan agama dan bangsa. Hal ini disampaikan Wapres JK saat memberikan sambutan pada Milad Muhammadiyah ke-106 tahun di Puro Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Ahad (18/11/2018).

Di kesempatan itu, Wapres tak lupa menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh insan Muhammadiyah atas milad ke-106 tahun yang telah memberikan karya nyata kepada bangsa dan negara terutama pada bidang pendidikan dan kesehatan.

“Ini berarti sudah 106 tahun Muhammadiyah beramal salih, dan berkontribusi. Banyak hal yang sudah dilakukan, pendidikan, kesehatan, penanganan bencana dan lainnya untuk bangsa,” ujarnya dalam rilis Setwapres diterima hidayatullah.com, Senin (19/11/2018).

Secara khusus, Wapres mempersembahkan penghargaan itu kepada almarhum Ibunya, Athirah Kalla, dan istrinya, Ibu Mufidah Jusuf Kalla yang mengabdikan diri untuk Aisyiyah di Makassar.

“Itulah yang selalu mendorong saya untuk berbuat sesuatu untuk bangsa ini,” tuturnya.

Wapres JK, yang juga Mustasyar (Dewan Penasihat) Nahdlatul Ulama, mengungkapkan bahwa Muhammadiyah Awards ini merupakan kerja sama simbolik yang tak ternilai.

“Ini salah satu bentuk ta’awun untuk negeri,” ungkapnya.

Sebelumnya, Haedar Nasir dalam sambutannya mengatakan alasan pemilihan Wapres JK sebagai penerima Muhammadiyah Awards, antara lain, karena peran Wapres dalam hal perdamaian dan kemanusiaan.

Selain itu, Wapres JK juga dianggap memiliki kiprah nyata dalam menjaga integrasi nasional, dan sosok saudagar Muslim tangguh yang menjaga ukhuwah dan kemajuan Islam.

Menyambung hal ini, Wapres JK mengatakan inti masalah dari konflik adalah ketidakadilan. Pemerataan juga bukan hal mudah karena persaingan antar negara yang dapat ditanggulangi melalui peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Terkait hal itu, upaya Muhammadiyah untuk memajukan bangsa dari segi ekonomi dan sosial wajib didukung bersama.

“Saya yakin Muhammadiyah punya saham besar dalam upaya tersebut, dengan begitu banyak pendidikan dan usaha-usaha lainnya,” katanya.

“Mudah-mudahan saat merayakan milad ke-200 tahun, Muhammadiyah semakin besar,” harap Wapres.

Acara dilanjutkan dengan penekanan tombol oleh Wapres sebagai tanda peluncuran gambar KH Ahmad Dahlan dan Nyai Walidah.

Pada kesempatan itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan sambutan selamat datang, dan KPH Tjuk Susilo selaku tuan rumah juga memberikan sambutannya.

Tampak hadir pada acara milad tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, dan beberapa elite partai politik.

Turut mendampingi Wapres, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Bambang Widianto, Staf Khusus Wapres Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah Syahrul Udjud, Staf khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Husain Abdullah, serta Asisten Staf Khusus Wapres Hasanuddin.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

3 Peran Strategis MUI Dalam Bidang Dakwah Dan Pendidikan Akhlak

3 Peran Strategis MUI Dalam Bidang Dakwah Dan Pendidikan Akhlak

Anggota Baleg DPR RI Ingatkan Bahaya Penyusupan Persetujuan RUU P-KS

Anggota Baleg DPR RI Ingatkan Bahaya Penyusupan Persetujuan RUU P-KS

Pemko Banda Aceh Tertibkan Gereja di Ruko dan Rumah

Pemko Banda Aceh Tertibkan Gereja di Ruko dan Rumah

Menko Polhukam Akan Proses Para Pelaku dan Aktor Intelektual Demo Buruh, Fahri: Ajak Presiden untuk Jujur dengan Keadaan

Menko Polhukam Akan Proses Para Pelaku dan Aktor Intelektual Demo Buruh, Fahri: Ajak Presiden untuk Jujur dengan Keadaan

Hari Ini Festival Masjid Bersejarah Se-Asia Tenggara Digelar

Hari Ini Festival Masjid Bersejarah Se-Asia Tenggara Digelar

Baca Juga

Berita Lainnya