Penguatan Halaqah Menuju Silatnas Hidayatullah

Semua itu dilakukan dalam rangka dakwah, sebagai daya tarik syiar Islam, baik bagi internal ormas tersebut maupun secara eksternal untuk kaum Muslimin secara umum.

Penguatan Halaqah Menuju Silatnas Hidayatullah
skr/hidayatullah.com
Pekerja memasang logo dan tulisan besar "Hidayatullah" di samping Masjid Ar-Riyadh, Pondok Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (13/11/2018).

Terkait

Hidayatullah.com– Kurang dari sepekan menuju Silaturahim Nasional (Silatnas) Hidayatullah di Gunung Tembak, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Rangkaian Silatnas dimulai pada Selasa (20/11/2018) dengan agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang diikuti para pengurus ormas Islam tersebut. Silatnas bertema “45 Tahun Hidayatullah Berkhidmat untuk NKRI Bermartabat” ini diagendakan berakhir pada Ahad (25/11/2018).

Kampus Hidayatullah Gunung Tembak sebagai lokasi acara, hingga Selasa (13/11/2018) terus bersolek, menyambut para tamu yang diperkirakan 10.000 orang dari berbagai daerah se-Indonesia.

“Tamu tanggal 18 mulai akan masuk di Gunung Tembak,” ujar Ketua Panitia Silatnas Hamzah Akbar di podium Masjid Ar-Riyadh usai shalat subuh berjamaah, Selasa (13/11/2018) pagi.

Baca: Gubernur Kaltim Sambut Baik Silatnas Hidayatullah 2018

Pekerjaan fisik terus diselesaikan, termasuk sarana dan prasarana untuk melayani para tamu. Di sisi lain, penguatan halaqah (kelompok taklim) di masjid terus dikondisikan. Untuk diketahui, halaqah merupakan salah satu basis penguatan spiritual, keilmuan, dan kelembagaan bagi Hidayatullah.

Berhalaqah di Masjid Ar-Riyadh sudah menjadi tradisi lama. Menyambut Silatnas, urgensi halaqah kembali digencarkan. Setiap usai subuh, jamaah masjid mulai dikondisikan untuk bersiap berhalaqah dengan ribuan jamaah lainnya dari berbagai daerah. Sekaligus mempererat ukhuwah Islamiyah.

Padatnya kegiatan di Gunung Tembak begitu terasa belakangan ini. Selain persiapan Silatnas, juga dipadati kunjungan para tamu dari berbagai lembaga maupun korporasi, baik yang terkait langsung dengan Silatnas maupun tidak.

Baca: Silatnas, Menyegarkan lagi Spirit Kebangsaan, Keagamaan, Keormasan

Pada Senin (12/11/2018) kemarin saja, misalnya, ada dua kegiatan. Pagi hari, peresmian dan penyerahan bantuan pengolahan air siap minum oleh pemerintah melalui Kemristek Dikti.

Acara dihadiri Dirjen Penguatan Inovasi Kemristek Dikti Dr Jumain Appe, anggota DPR RI yang juga tokoh masyarakat Kaltim Dr Ir Hetifah Sjaifudian, dan Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana.

Pada malam harinya, ratusan rombongan dari PT Bumi Jasa Utama (Kalla Group) bersilaturahim ke kampus ini, dimulai dengan shalat maghrib berjamaah di masjid, dan berdiskusi dengan pengurus pesantren di kantor yayasan. Acara ini bertajuk Silaturahmi Akbar “Kalla Way dalam Perspektif Islam”.

Baca: Sejumlah Tokoh Nasional diagendakan Hadiri Silatnas Hidayatullah

Pada Ahad (11/11/2018) kemarin lusa, pesantren ini menggelar pernikahan mubarokah 43 pasang santri di Masjid Ar-Riyadh, dihadiri Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, dai Sulawesi Selatan Ustadz Das’ad Latif, serta ribuan undangan.

Berbagai kesibukan itu tak menghalangi warga dan pengurus di Gunung Tembak untuk tetap fokus menyambut Silatnas mendatang.

Semua itu dilakukan dalam rangka dakwah, sebagai daya tarik syiar Islam, baik bagi internal ormas tersebut maupun secara eksternal untuk kaum Muslimin secara umum.

“Semua yang dikerja di sini adalah magnet dakwah,” ujar Pimpinan Umum Hidayatullah Ustadz Abdurrahman Muhammad selepas subuh meneguhkan semangat warga Gunung Tembak.*

Baca: “Silatnas Yang Ditunggu dan Dirindukan”

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !