Tanggap Darurat Usai, Bupati Sigi Minta RS Lapangan Tetap Beroperasi

"RSUD Tora Belo juga hancur keadaannya, tetapi pelayanan kesehatan tetap jadi tanggung jawab kita."

Tanggap Darurat Usai, Bupati Sigi Minta RS Lapangan Tetap Beroperasi
ist.
Rumah Sakit Lapangan BSMI di Sigi, Sulteng.

Terkait

Hidayatullah.com– Bupati Sigi Muhammad Irwan Lapata mengunjungi serta memberikan arahan dalam apel pagi petugas Rumah Sakit Lapangan Bulat Sabit Merah Indonesia (BSMI) di Sigi, Sulawesi Tengah, Jumat (26/10/2018).

Kedatangan Bupati Irwan Lapata terkait dengan masa tanggap darurat yang berakhir pada Jumat ini.

Irwan secara khusus meminta agar RS Lapangan BSMI bisa terus beroperasi melayani warga Sigi dan sekitarnya sampai tiga bulan ke depan, meski masa tanggap darurat sudah berakhir.

“Seiring berakhirnya tanggap darurat kami akan sampaikan secara formal kepada BSMI untuk tetap stand by ke depan. Kami dokter, perawat, dan tenaga kesehatan ada tetapi jumlahnya terbatas.

Baca: BSMI Beberkan Penyakit Ikutan Bermunculan Pascagempa NTB

RSUD Tora Belo juga hancur keadaannya, tetapi pelayanan kesehatan tetap jadi tanggung jawab kita,” papar Irwan yang didampingi Ketua Umum BSMI Djazuli Ambari dan Penanggung Jawab RSL BSMI dr Victor Mangaraja sebagaimana siaran pers BSMI kepada hidayatullah.com.

Irwan memberikan penghargaan yang tinggi terhadap kerja para relawan termasuk berdirinya RS Lapangan yang sudah melayani para korban gempa sejak hari ketiga gempa hingga kini di Sigi.

“Saya sangat bersyukur dalam keadaan bencana ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi tanggung jawab semua. Khususnya BSMI yang memberikan dukungan layanan kesehatan. Saya mewakili masyarakat Sigi mengucapkan terima kasih kepada relawan BSMI,” papar Irwan.

Baca: Pelayanan Medis, Relawan Dokter IMS Jangkau Lokasi Tersulit di Palu

Djazuli menyambut baik permintaan Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi agar RS Lapangan terus beroperasi setidaknya tiga bulan ke depan.

Ia berharap agar ada legalitas operasional RS Lapangan itu di Sigi selama masa transisi, setelah sebelumnya pada masa tanggap darurat BSMI ditunjuk oleh Dinkes Pemprov Sulteng sebagai penanggung jawab klaster kesehatan di Sigi.

Baca: Sinergi IMS dan Sahabat Al-Aqsha Bantu Pengungsi Sulteng

Djazuli melanjutkan, setelah tiga bulan, pihaknya bersama Pemerintah Daerah akan mendiskusikan terkait rencana pembangunan klinik permanen di Sigi.

“Kita siap menjalankan amanah dari Pemerintah Daerah. Tentu kami juga membutuhkan sinergi dengan Pemerintah Daerah untuk keberlangsungan RS Lapangan di Sigi. Alhamdulillah Bapak Bupati merespons dengan baik,” papar Djazuli.*

Baca: BSMI Salurkan Bantuan Obat-obatan Orthopaedi ke RS Nepal

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !