Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Kebijakan Negara Mesti Dukung Pemuda Pelopori Bangsa

Agama pendidikan nasional zulkarnain/hidayatullah.com
Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini.
Bagikan:

Hidayatullah.com– Fraksi PKS DPR RI menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Pemuda Pelopor Indonesia Adil Sejahtera” pada hari ini, Kamis (25/10/2018) di Kantor Fraksi PKS Senayan, Jakarta.

Seminar ini sendiri dihelat dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober.

Ketua Fraksi DPR Jazuli Juwaini dalam keterangannya kepada hidayatullah.com, mengatakan bahwa sekarang eranya pemuda tampil menjadi pelopor bagi perubahan bangsa ke arah yang lebih baik.

“Kita memasuki era milenial saat ini, dimana pemuda dengan inovasi dan kreativitasnya yang ditunjang kemajuan di bidang informasi dan teknologi mampu memberikan sentuhan kemajuan dalam pembangunan bangsa,” katanya.

Baca: Rindu Ukhuwah, Dua Pemuda Garut Bersepeda Sampai ke Jogja

Menurut Anggota Komisi I DPR ini, sudah menjadi fitrah bahwa pemuda adalah usia yang penuh semangat dan gairah. Maka tidak heran, jika perubahan besar acapkali dicetuskan dan dilahirkan oleh pemuda, seperti peristiwa Sumpah Pemuda di tahun 1928 dan Reformasi 1998.

“Pemuda hari ini harus terus memegang spirit perubahan tersebut. Tentu perubahan ke arah yang lebih baik, yang dalam seminar kali ini adalah bagaimana peran kepeloporan pemuda dalam mewujudkan Indonesia yang adil dan sejahtera,” terangnya.

Menurut Anggota DPR Dapil Banten ini, menjadi tugas dan tanggung jawab kolektif para pemimpin bangsa untuk mendorong dan memberi ruang seluas-luasnya bagi lahirnya pemuda-pemuda pelopor dalam pembangunan bangsa.

Baca: Pemuda DDII Dukung MUI Sesalkan Pembakaran ‘Bendera Tauhid’

Pertama, kebijakan negara harus berpihak (mendukung) pada lahirnya pemuda-pemuda pelopor di berbagai bidang.

Kedua, menjadikan setiap prestasi kepeloporan pemuda sebagai inspirasi bangsa. Negara bukan saja wajib memberikan apresiasi, tapi juga harus menyebarkan inspirasi tersebut ke seluruh negeri agar para pemuda Indonesia ikut termotivasi.

Ketiga, masih kata Jazuli, harus ada desain dan peta jalan yang lebih jelas dan terarah, bagi proses regenerasi kepemimpinan bangsa yang memberi ruang pada tampilnya para pemuda pelopor, baik di sektor publik (elit politik dan birokrasi) maupun privat.

“Fraksi PKS akan terus memotivasi lahirnya kepeloporan pemuda dan kita dorong agar para pemuda pelopor terus tampil menginspirasi bangsa untuk Indonesia adil sejahtera,” pungkas Jazuli.

Tampil sebagai narasumber antara lain Dr Zulkieflimansyah (Gubernur NTB), Dr Andi Akmal Pasludin (Anggota DPR RI FPKS), Prof Firmanzah (Rektor Universitas Paramadina), dan Muhammad Saihul Basyir Al Hafidz (Juara MHQ Internasional).*

Baca: Sumpah Pemuda, Momentum Generasi Muda Bangkit Membangun Bangsa

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Ketua Majelis Syuro dan Presiden PKS Ganti Wajah Baru

Ketua Majelis Syuro dan Presiden PKS Ganti Wajah Baru

MUI Keluarkan Deklarasi Nasional Umat Beragama Jelang Pilkada Serentak 2015

MUI Keluarkan Deklarasi Nasional Umat Beragama Jelang Pilkada Serentak 2015

Diajar Alumni Qum, Haidar Ketua Prodi

Diajar Alumni Qum, Haidar Ketua Prodi

BNN Waspadai Peredaran Narkoba Berbentuk Permen

BNN Waspadai Peredaran Narkoba Berbentuk Permen

Rumah Hikmah: Membangun (Kembali) Peradaban Islam

Rumah Hikmah: Membangun (Kembali) Peradaban Islam

Baca Juga

Berita Lainnya