Eks MILF Moro Studi Banding ke Darul Ihsan Aceh

Salah seorang rombongan MILF, menyambut baik pertemuan itu. Ia menyampaikan akan mengirim calon siswa dari Moro untuk belajar di Darul Ihsan.

Eks MILF Moro Studi Banding ke Darul Ihsan Aceh
Tgk Mustofa

Terkait

Hidayatullah.com– Sebanyak 25 mantan pejuang Moro Islamic Liberation Front (MILF) Mindanao, Filipina dan beberapa perwakilan dari United Nations Development Programs (UNDP) dan dari Dinas Syariat Islam Pronvinsi Aceh berkunjung ke Dayah Darul Ihsan Abu Krueng Kalee, Siem, Darussalam, Aceh, Selasa, 23 Oktober 2018.

Pimpinan Dayah Darul Ihsan Tgk Muhammad Faisal, dalam sambutannya, mengucapkan syukur dan terima kasih sudah memilih Dayah Darul Ihsan sebagai tempat kunjungan para mantan Pejuang MILF Mindanao.

Hal yang sama juga disampaikan kepada Shadia Marhaban, selaku mediator dan konsultan UNDP yang sudah mendampingi studi banding tentang kurikulum pelajaran agama Islam berbasis pesantren yang bersih dari paham radikalisme.

“Semoga nanti, kami juga akan melakukan kunjungan balasan ke Moro, agar bisa mengamati langsung bagaimana perkembangan muslim, Moro, Mindanao di sana,” demikian antara lain yang disampaikan Tgk Faisal dalam pertemuan yang berdurasi lebih kurang satu jam itu sebagaimana siaran pers Humas Dayah Darul Ihsan Tgk Musatafa Husen Woyla kepada hidayatullah.com semalam.

Setelah mendengar pemaparan Tgk Faisal dan Tgk Muakhir Zakaria dalam bahasa Arab tentang kurikulum dan mazhab Fikih dan Aqidah yang diajarkan di Darul Ihsan, giliran pihak MILF yang menyampaikan sambutan.

Amir MILF, Abdul Qadir Jailani menyambut baik. “Ternyata mazhab kita sama,” ujarnya kemudian dalam diskusi yang terlihat setengah resmi itu.

Pertemuan itu lebih mendalam mendiskusikan bagaimana bentuk penerapan kurikulum dan semua perangkat pembelajaran seperti guru dan semua fasilitas.

Dalam pertemuan tersebut terlihat, Yusuf Sayid, salah seorang rombongan MILF, menyambut baik pertemuan itu. Ia menyampaikan akan mengirim calon siswa dari Moro untuk belajar di Darul Ihsan.

Setelah pertemuan diakhiri, para rombongan studi banding dari MILF dan UNDP meninjau langsung berbagai kelas untuk menyaksikan bagaimana proses kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Kunjungan diakhiri dengan foto bersama di depan gedung Yayasan Tgk Hasan Krueng Kalee.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !