Sabtu, 29 Januari 2022 / 25 Jumadil Akhir 1443 H

Nasional

Pengungsi Sigi Cari Bantuan Lewat Facebook, Relawan Datang

hidayatullah
Tim Aksi Siaga Kemanusiaan (TASK) Hidayatullah Peduli Palu. SAR Hidayatullah mengevakuasi mayat, BMH distribusi bantuan logistik, dan IMS pelayanan medis bagi para pengungsi di Sulteng, September-Oktober 2018.
Bagikan:

Hidayatullah.com– Luasnya dampak musibah gempa bumi di Sulawesi Tengah, terutama Kabupaten Sigi, menjadikan banyak masyarakat yang hingga hari ini masih membutuhkan bantuan.

Beruntung, masyarakat alias pengungsi tidak berpangku tangan, mereka mencoba mencari bantuan, di antaranya melalui Facebook, tepatnya fanspage Laznas BMH.

“Kemarin kami dapat informasi dari bagian admin fanspage BMH, bahwa ada warga masyarakat yang berada di desa pedalaman, yang kondisinya sangat jauh dari perkotaan dan menyampaikan butuh bantuan melalui Facebook,” terang Korlap Relawan BMH-SAR Hidayatullah di Palu, Ahmad Hamim (10/10).

Setelah direspons dan ditindaklanjuti, barulah relawan mengerti bahwa warga yang berada di Desa Tuva, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi benar-benar sangat jauh dari Palu.

Baca: Gempa 5,2 SR di Palu, Jamaah Gelar Pengajian

“Kemarin kami berangkat jam 2 siang, tiba di lokasi jam 7 malam melalui jalan terputus, longsor, patah-patah, dan menyeberangi sungai. Di desa ini hampir 90 persen lebih, masyarakat kehilangan huniannya,” imbuh Hamim.

Sesampainya di desa tersebut, relawan disambut sangat antusias oleh warga. Mereka sangat bahagia, setelah berhari-hari mencari bantuan namun tidak ada yang datang.

“Baru ini, dari BMH kami dapat bantuan, padahal kami hubungi lewat Facebook. Di sini kami keliling cari bantuan, susah, Pak, harus ada KK, surat keterangan desa, bagaimana itu, rumah kan hancur, Pak,” ungkap Rahma (40 tahun).

Pengungsi korban gempa di Desa Tuva, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi, Sulteng, menerima bantuan yang disalurkan BMH-SAR Hidayatullah, Rabu (10/10/2018). [Foto: hidayatullah]

Melihat realitas tersebut, Ahmad Hamim mengaku terkejut dan prihatin.

Baca: TASK Hidayatullah: Evakuasi Mayat, Distribusi Logistik, Pelayanan Medis Pengungsi

“Ini luar biasa, masyarakat desa pedalaman Sigi yang sangat jauh dan terdampak musibah sangat serius, namun tetap tegar. Sejak kejadian, sampai hari ini listrik belum hidup, kondisi gelap gulita. Insya Allah kita akan kirim genset, alat penjernih air, selimut, pompa air, sembako dan kebutuhan lainnya,” urainya.

Penyaluran ke Desa Tuva Kecamatan Gumbasa Kabupaten Sigi dapat terlaksana dengan baik karena kerjasama dari Tim Aksi Siaga Kemanusiaan (TASK) Hidayatullah yang terdiri dari Laznas BMH, SAR Hidayatullah, dan Islamic Medical Services (IMS), yang didukung oleh Sahabat Al-Aqsha dan Jakarta Islamic School.*

Berita gempa dan tsunami Palu bekerjasama dengan Dompet Dakwah Media

Rep: Ibnu Sumari
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Terkait JPU, Pimpinan MPR Desak Komisi III DPR Panggil Komisi Kejaksaan

Terkait JPU, Pimpinan MPR Desak Komisi III DPR Panggil Komisi Kejaksaan

Wasathiyyah Islam Din

Din Syamsudin: UUD dan Pancasila Manifestasi Wasathiyyah Islam

FUII Buka Posko Pengaduan Korban “NII Gadungan”

FUII Buka Posko Pengaduan Korban “NII Gadungan”

Habib Rizieq: Aksi Bela Islam Peluang Emas Presiden Diskusi soal NKRI dengan Ulama

Habib Rizieq: Aksi Bela Islam Peluang Emas Presiden Diskusi soal NKRI dengan Ulama

produk halal

Perkuat Sinergi, Indonesia – Agentina Jalin MoU Jaminan Produk Halal

Baca Juga

Berita Lainnya