Pesantren Hidayatullah Samarinda Siapkan Beasiswa untuk 100 Anak Korban Gempa Sulteng

DPD Hidayatullah Samarinda sebagai saudara bagi saudara-saudara di Palu mengucapkan duka yang sangat mendalam atas musibah gempa dan tsunami ini.

Pesantren Hidayatullah Samarinda Siapkan Beasiswa untuk 100 Anak Korban Gempa Sulteng
ist.
Bangunan pendidikan rusak di kompleks Pondok Pesantren Hidayatullah di Tondo, Palu, Sulawesi Tengah, pasca dihantam gempa dan tsunami, Jumat (28/09/2018).

Terkait

Hidayatullah.com– Kampus Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Samarinda, Kalimantan Timur, siap memberikan beasiswa pendidikan gratis untuk 100 anak korban gempa-tsunami Sulawesi Tengah. Demikian disampaikan Ketua DPD Hidayatullah Samarinda, Muhammad Uswandi.

“DPD Hidayatullah Samarinda siap memberi 100 beasiswa pendidikan gratis putra putra di sekolah Pondok Pesantren Hidayatullah Samarinda untuk anak-anak korban gempa Palu. Beasiswa ini khususnya bagi anak-anak yang kehilangan orangtuanya,” kata Uswandi dalam keterangannya diterima redaksi, Senin (08/10/2018).

Baca: Umar, Bayi yang Lahir di Pengungsian Gempa-Tsunami Palu

Uswandi mengatakan, pihaknya turut berduka cita mendalam atas musibah yang melanda sejumlah daerah di Provinsi Sulawesi Tengah itu. Gempa disusul tsunami itu menewaskan hampir 2.000 orang, belum termasuk yang tidak teridentifikasi atau hilang, ratusan ribu luka-luka, dan tempat tinggal hilang.

“Tidak beriman salah seorang di antara kalian sampai dia mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri,” kata Uswandi menyitir salah satu sabda Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Baca: Pesantren Kena Gempa dan Tsunami, Santri-Ustadznya Selamat

Nabi, kata Uswandi, telah menerangkan tentang arti persaudaraan. Dalam sabda yang lain Nabi menyampaikan bahwa persaudaraan itu ibarat satu tubuh, yang bila ada salah satu bagian tubuh yang sakit, maka bagian tubuh yang lain pasti akan turut merasakan sakit.

“Hari ini saudara-saudara kita di Palu tengah dirundung duka karena diterpa musibah gempa bumi dan tsunami. Duka dari ujian ini tentu turut menggores luka di hati kita semua,” katanya.

Dia menambahkan, DPD Hidayatullah Samarinda sebagai saudara bagi saudara-saudara di Palu mengucapkan duka yang sangat mendalam atas musibah gempa dan tsunami ini.

Baca: Nashirul Haq: “Lagi-lagi Rasa Peduli Kita Diuji”

“Di samping itu kami juga menawarkan kepada anak-anak kami di Palu yang tidak dapat bersekolah, baik karena sekolahnya yang rusak ataupun tidak lagi ada orangtua yang dapat membiayai pendidikannya, untuk bersekolah di lembaga pendidikan yang kami miliki Hidayatullah di Kota Samarinda,” kata Uswandi.

Di tahap awal ini InsyaAllah, kata dia, pihaknya siap memberikan beasiswa penuh bagi 100 orang putra/i setingkat SMP dan SMA. Beasiswa ini meliputi biaya pendidikan, konsumsi, dan akomodasi selama menempuh pendidikan dengan konsep pesantren.

Uswandi menyebutkan, Hidayatullah Samarinda kini mengelola dan menyelenggarakan pendidikan formal untuk tingkat menengah dan atas yaitu 2 sekolah SMP, 1 sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs), 1 sekolah SMA, dan 1 Madrasah Aliyah (MA).

Baca: Tsunami Donggala-Palu, Santri Hidayatullah Limboto Turun Galang Dana

Bagi yang ingin mendaftar atau pun yang ingin turut menjadi orangtua asuh bagi santri-santri Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Samarinda, dapat menghubungi saluran resmi WhatsApp 08115544556 dan mobile phone 081350105535.

“Semoga Allah satukan hati-hati kita dalam manisnya iman, lezatnya peribadatan, dan indahnya persaudaraan,” pungkasnya.*

Berita gempa dan tsunami Palu bekerjasama dengan Dompet Dakwah Media

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !