Senin, 24 Januari 2022 / 20 Jumadil Akhir 1443 H

Nasional

Sepekan Pasca Gempa, Korban Luka Bakar Baru Tertangani

sirajuddin muslim/hidayatullah.com
Tim relawan medis dari Sahabat Al-Asqsha mengobati luka bakar korban gempa di posko pengungsian Malino, Taipa, Ginggiri, Palu Utara, Kota Palu, Sulteng, Ahad (07/10/2018).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Pelayanan medis menjadi hal yang sangat urgen di lokasi pengungsian korban gempa-tsunami di Palu-Sigi-Donggala, Sulawesi Tengah. Kondisi yang kurang kondusif di tenda pengungsian yang terbuka membuat para pengungsi rentan dari berbagai penyakit.

Sahabat Al-Aqsha, bersinergi dengan Islamic Medical Service (IMS) dan Relawan RSI Jombang melakukan pelayanan medis ke posko-posko pengungsian di Palu.

Di posko pengungsian Malino, Taipa, Ginggiri, Palu Utara, tim medis menemukan sejumlah korban gempa-tsunami yang luka-luka tapi belum mendapatkan penanganan sama sekakali sejak hari pertama pasca gempa.

Baca: Anak-anak Pengungsi Palu Mulai Terserang Demam dan Diare

Seorang ibu, 49 tahun, memiliki luka bakar di kedua lengannya dari siku hingga telapak tangan, juga di bagian paha dan kedua lutut kakinya. Saat gempa terjadi Jumat (28/09/2018) lalu, ibu ini ditemani anaknya yang berumur 2 tahun tengah memasak. Saat bencana itu terjadi, belanga di atas kompor tumpah mengenai dia dan anaknya.

“Saya berusaha menyelamatkan anak saya dari air panas. Namun air terkena hampir seluruh tubuhnya, saya bawa ke rumah sakit tapi masih tutup. Sampai menjelang pagi kami cari tim medis yang bisa membantu anak saya. Pas subuh hari dia meninggal,” cerita sang ibu kepada hidayatullah.com, Ahad (07/10/2018) tanpa bisa menyembunyikan raut wajah sedihnya.

Baca: Pelayanan Medis, Relawan Dokter IMS Jangkau Lokasi Tersulit di Palu

Tim medis pun segera melakukan penanganan terhadap sang ibu. Lukanya dibersihkan, diobati, dan ditutup.

“Luka ibu itu sudah dikerumuni lalat karena sudah lebih dari seminggu belum ada penanganan,” ujar Dokter Heriris, relawan Sahabat Al-Aqsha.

Tim relawan medis dari IMS mengobati luka bakar korban gempa di posko pengungsian Malino, Taipa, Ginggiri, Palu Utara, Kota Palu, Sulteng, Ahad (07/10/2018). [Foto: Sirajuddin Muslim/hidayatullah.com]

Baca: Di Depan JK, Pengungsi Menangis Minta Dipercepat Penanganan Gempa-Tsunami Palu

Dia juga menyampaikan akan terus mengontrol kondisi ibu tersebut.

Selain itu, di posko yang sama tim medis gabungan ini menangani 42 pasien yang kebanyakan terserang ISPA dan diare akut.*/Sirajuddin Muslim

Berita gempa dan tsunami Palu bekerjasama dengan Dompet Dakwah Media

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

aksi teror

Pasca Teror Bom, Jusuf Kalla: Tidak Ada Agama yang Mengajarkan Itu

Konser di Pantai, Grup Band Seventeen Diterjang Tsunami

Konser di Pantai, Grup Band Seventeen Diterjang Tsunami

Da’i Berprestasi Diberi Hadiah Sepeda Motor

Da’i Berprestasi Diberi Hadiah Sepeda Motor

KUII: Dunia Barat Tak Adil Pada Umat Islam

KUII: Dunia Barat Tak Adil Pada Umat Islam

Deplu AS: AS Berpeluang Mengubah Sikap Negatif di Kalangan Negara Muslim

Deplu AS: AS Berpeluang Mengubah Sikap Negatif di Kalangan Negara Muslim

Baca Juga

Berita Lainnya