Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

UI Siap Terima Mahasiswa Universitas Tadulako Palu Kuliah Sementara

muh. abdus syakur/hidayatullah.com
Dokumentasi Universitas Tadulako, Palu, Sulteng, pada Mei 2013.
Bagikan:

Hidayatullah.com– Universitas Indonesia (UI) siap menerima mahasiswa Universitas Tadulako di Palu, Sulawesi Tengah, yang terkena dampak bencana gempa dan tsunami untuk berkuliah sementara atau sit in di seluruh fakultas yang ada di UI.

Sedangkan mahasiswa asal Palu yang tengah kembali ke daerah asalnya di Jakarta dipersilakan melaporkan diri ke Direktorat Pendidikan UI di Gedung Pusat Administrasi UI di kampus Depok, Jawa Barat.

Adapun Fakultas yang tersedia di UI adalah: Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ilmu Pengetahuan Budaya, Ekonomi dan Bisnis, Psikologi, Ilmu Administrasi, Teknik, Ilmu Komputer, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Program Vokasi (Diploma 3).

Terkhusus untuk Fakultas Kedokteran, kelas sit in diperuntukkan bagi mahasiswa yang telah masuk fase klinik.

Baca: Tulisan “Kami Lapar, Butuh Bantuan” Bertebaran Pasca Tsunami

Rektor UI Prof Dr Ir Muhammad Anis menuturkan, duka yang dirasakan masyarakat Palu – Donggala dan wilayah lainnya, turut dirasakan pula oleh segenap bangsa Indonesia, khususnya sivitas akademika UI.

“Untuk itu, UI mendukung sepenuhnya penyelenggaraan Kuliah Sementara atau ‘Sit In’ yang diinisiasi oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI),” ujarnya dalam siaran pers UI diterima hidayatullah.com, Jumat (05/10/2018) sebagaimana disampaikan pula lewat saluran resmi UI di Instagram, Kamis.

“Kepada mahasiswa Universitas Tadulako yang tengah kembali ke daerah asalnya di DKI Jakarta, Depok, dan sekitarnya diperkenankan lapor diri ke UI agar dapat kembali mengikuti perkuliahan sesuai dengan jurusan yang diambil di universitas asal,” tambah Anis.

Baca: [Foto] Bersatu Membantu Palu

Anis mengatakan, UI berkomitmen untuk memberikan layanan birokrasi yang nyaman dan mudah mengingat para mahasiswa memiliki hak untuk memperoleh akses pendidikan. Lebih lanjut, dalam waktu dekat, UI juga akan menyelenggarakan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) bagi 600 mahasiswa Universitas Tadulako dengan mata kuliah Hukum Kekayaan Intelektual.

Seperti yang diketahui, kegiatan perkuliahan di Universitas Tadulako harus dihentikan sementara karena tengah menjalani proses rekonstruksi bangunan dan operasional kampus, setelah gempa berkekuatan 7,4 SR menghantam Kota Palu dan sekitarnya.

Diharapkan segenap sivitas akademika Universitas Tadulako beserta institusi pendidikan di wilayah yang terkena dampak bencana ini dapat segera pulih, diberikan kesabaran dan ketabahan, serta keberlangsungan kegiatan belajar mengajar dapat berjalan kembali dengan baik atas dukungan semua pihak.

Baca: “Nomoni Membuat Palu Menangis”

Bagaimana cara untuk berkuliah sementara di UI tersebut?

UI lewat saluran resminya menjelaskan caranya. Yaitu, pertama, mahasiswa Universitas Tadulako yang berasal dari Jabodetabek atau berasal dari Palu dipersilakan melaporkan diri ke Direktorat Pendidikan UI di Gedung Pusat Administrasi UI kampus Depok. Kedua, melapor dengan membawa Kartu Tanda Mahasiswa dari universitas asal. Ketiga, mahasiswa dimaksud akan dirujuk mengikuti perkuliahan ke fakultas dan program studi yang relevan.*

Baca: Ijtima Ulama Sumsel Peduli Gempa NTB-Sulteng

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Muhammadiyah Tunggu Hasil Autopsi Siyono

Muhammadiyah Tunggu Hasil Autopsi Siyono

21,2 Persen Remaja Indonesia Pernah Aborsi

21,2 Persen Remaja Indonesia Pernah Aborsi

Komnas HAM Sesalkan Pemberhentian Pengajian di Sidoarjo

Komnas HAM Sesalkan Pemberhentian Pengajian di Sidoarjo

Umat Islam Mayoritas Tetapi Masih Minoritas Secara Kualitas

Umat Islam Mayoritas Tetapi Masih Minoritas Secara Kualitas

Surayyah, Qari’ah Asal Indonesia yang Masyhur di Madinah

Surayyah, Qari’ah Asal Indonesia yang Masyhur di Madinah

Baca Juga

Berita Lainnya