Bakomubin Aceh: Usut Tuntas Intimidasi Terhadap UAS

Mengancam dan mengintimidasi UAS dinilai sama saja dengan mengancam dan mengintimidasi seluruh mubaligh yang ada di Indonesia.

Bakomubin Aceh: Usut Tuntas Intimidasi Terhadap UAS
Munawir
Ustadz Abdul Somad (UAS/kiri atas) setelah dipakaikan pakaian adat Aceh sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan khusus Aceh kepadanya di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, Aceh, Selasa (26/12/2017).

Terkait

Hidayatullah.com– Pengurus Wilayah Badan Koordinasi Mubaligh Indonesia (PW Bakomubin) Provinsi Aceh mengecam pelaku intimidasi terhadap Ustadz Abdul Somad (UAS).

Sebagaimana diketahui, leeat akun Instagram resminya UAS mengungkap pihaknya menerima intimidasi dan ancaman sehingga membatalkan seluruh agenda ceramahnya di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

“Kami mengecam keras intimidasi dan ancaman yang ditujukan kepada UAS. Ancaman dan intimidasi itu menunjukkan bahwa pelakunya adalah orang-orang yang anti Pancasila.

Baca: UAS dan Peran Negara Hadapi Ormas Radikal

Kami mengharapkan pihak keamanan untuk mengusut tuntas masalah ini dan menindak tegas pelakunya sehingga ke depan tidak terulang lagi,“ ujar Teuku Zulkhairi, Sekjen PW Bakomubin Aceh, melalui siaran pers diterima hidayatullah.com di Jakarta, Rabu (05/09/2018).

Sebab, kata Zulkhairi, Indonesia ini adalah negara yang memiliki hukum. Jika intimidasi dibiarkan, maka dikhawatirkan ke depan akan semakin merajalela.

Zulkhairi juga menjelaskan, patut dicatat bahwa para ulama memiliki andil yang cukup besar dalam pendirian republik ini. Maka hendaknya siapapun tidak menghalang-halangi dakwah para ulama di Indonesia.

Baca: Ansor Minta UAS Dimonitor karena Krunya Pakai Simbol Tauhid

Apalagi, terang Zulkhairi, sejauh pandangan pihaknya dan pengakuan banyak tokoh Indonesia, UAS adalah mubaligh yang dakwah-dakwahnya menyeru kepada persatuan umat.

Dakwahnya sangat tawashuth (moderat) dimana setiap kali UAS ceramah dihadiri oleh umat Islam dari lintas organisasi keagamaan.

“Maka sama sekali tidak ada alasan bagi siapapun untuk melarang ceramah beliau, dan apalagi sampai mengintimidasi dan mengancam. Mengancam dan mengintimidasi UAS sama saja dengan mengancam dan mengintimidasi seluruh mubaligh yang ada di Indonesia. Kami sepenuhnya mendukung dakwah UAS, “ tambah Zulkhairi.

Baca: Warga Aceh Galang Dana Beli Pesawat untuk UAS

Oleh sebab itu, sekali lagi pihaknya memohon kepada pihak keamanan untuk mengusut tuntas intimidasi dan ancaman yang menimpa UAS.

Dalam kondisi seperti ini, pihaknya juga mengajak seluruh elemen umat Islam agar bersatu mendukung dan membela UAS.

Baca: OIAA: UAS Terbukti Kukuhkan Nilai-nilai Kebangsaan dan Keislaman

“Kita jangan meninggalkan UAS sendiri. Sebab, UAS selama ini telah menjadi representasi dakwah yang washatiyah, yang menyejukkan dan mempersatukan umat. Kepada UAS kami juga memohon agar tetap semangat dalam berdakwah dan tidak surut meskipun tantangan-tantangan terus menerpa.

Sebab, adanya tantangan itulah menunjukkan bahwa jalan dakwah UAS sesuai dengan tabiat dakwah Islam yang tidak pernah selalu mulus, “ pungkas Zulkhairi.*

Baca: UAS Menerima Banyak Ancaman dan Intimidasi di Jateng

Rep: SKR

Editor:

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !