Wagub Pengganti Sandi Diharapkan Kuat Memihak Warga DKI

Sosok Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru juga diharapkan paham soal pembangunan ekonomi dan infrastruktur fisik.

Wagub Pengganti Sandi Diharapkan Kuat Memihak Warga DKI
Zulkarnain/hidayatullah.com
(Dari kiri ke kanan) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Habib Muhammad Luthfi bin Yahya, Presiden PKS Sohibul Iman, Wagub DKI Sandiaga Uno pada acara Tausiyah Kebangsaan di Lapangan Medan Merdeka Monas, Jakarta, Ahad (26/11/2017) malam.

Terkait

Hidayatullah.com– Tidak lama lagi, warga DKI Jakarta akan memiliki wakil gubernur baru menggantikan Sandiaga Uno yang mengundurkan diri karena mengikuti kontestasi Pemilu Presiden 2019.

Agar 23 janji kerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Sandi -saat Wagub- berjalan baik dan dapat direalisasikan, sehingga warga Jakarta merasakan manfaatnya.

Senator atau Anggota DPD RI DKI Jakarta Fahira Idris menyatakan, sosok pengganti Sandi harus orang yang mempunyai ‘roh’ keberpihakan yang kuat terhadap warga Jakarta yang selama ini terpinggirkan dan diperlakukan tidak adil.

Baca: Aktivis Muhammadiyah Dukung Prabowo-Sandi, Bentuk Tim Pemenangan

Ia mengungkapkan, jika mau dirangkum, 23 Janji Kerja Anies-Sandi adalah pembelaan kepada warga Jakarta yang lemah dan dilemahkan dan memperkuat warga yang selama ini terpinggirkan.

Selain itu, pesan kuat dari kepemimpinan Anies-Sandi adalah menjadikan warga Jakarta terutama warga yang sebelumnya dianggap sebagai masalah pembangunan menjadi subyek utama atau bagian integral dari pembangunan kota Jakarta.

Itulah kenapa, lanjut Fahira, membangun kembali kampung-kampung kota yang digusur dan memperkuat warganya menjadi janji kerja utama yang langsung direalisasikan oleh Anies-Sandi selama 100 hari memimpin Jakarta.

Baca: ‘Pesan Kuat #2019GantiPresiden Harus Bisa Dijaga Prabowo-Sandi’

“Sosok pengganti Bang Sandi harus punya ‘roh’ keberpihakan yang kuat kepada mereka yang lemah dan dilemahkan. Karena keberpihakan inilah yang menjadi napas janji kerja yang hendak diwujudkan Anies-Sandi saat kampanye.

Tidak mungkin 100 persen kualitas dan kapasitasnya sama, oleh karena itu sekali lagi, sosoknya harus berkomitmen kuat bersama gubernur merealisasikan 23 janji kerja,” ujar Fahira di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta (29/08/2018) dalam pernyataannya kepada hidayatullah.com.

Selain itu, menurut Fahira, sosok Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru juga diharapkan paham soal pembangunan ekonomi dan infrastruktur fisik, seperti yang selama ini menjadi spesialisasi dan kapasitas Sandi sebagai Wakil Gubernur.

Baca: Jakarta Pemenang We Love Cities 2018, Sandi: Ini Luar Biasa

Memang, jelas Fahira, antara Anies dan Sandi tidak ada pembagian tugas yang khusus, namun dapat diamati bahwa selama jadi Wakil Gubernur, Sandi lebih fokus mengurusi pembangunan ekonomi dan infrastruktur, sementara Gubernur Anies fokus pada pembangunan institusi dan human capital.

“Agar ritme menjalankan roda pemerintahan di Jakarta semakin dinamis, sosok wagub yang baru idealnya punya kemampuan terutama dalam soal pembangunan ekonomi dan infrastruktur. Selain itu yang tidak kalah penting, mampu mengembangkan program OK OCE semakin membesar dan memberi dampak,” pungkas Fahira.*

Baca: Sandiaga Uno Ingin Umat Islam Semakin Bertakwa

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !