Idul Adha, Haedar Ajak Umat Kembangkan Solidaritas Sosial

"Termasuk bagi saudara-saudara sebangsa di NTB maupun di tempat lain yang tengah ditimpa musibah."

Idul Adha, Haedar Ajak Umat Kembangkan Solidaritas Sosial
sirajuddin muslim/hidayatullah.com
Tim SAR Gabungan mengevakuasi salah seorang mayat yang tertimbun reruntuhan Masjid Jamiul Jamaah, Dusun Karang Pangsor, Pemenang, Lombok Utara, Rabu (08/08/2018) sekitar pukul 12.10 WITA. Mayat tersebut salah satu korban gempa NTB pada Ahad (05/08/2018).

Terkait

Hidayatullah.com– Dalam momentum Idul Adha 1439H/2018M, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir, mengajak umat untuk menanamkan jiwa peduli, berbagi, dan beramal kebajikan lebih- lebih untuk orang-orang yang membutuhkan.

“Termasuk bagi saudara-saudara sebangsa di NTB maupun di tempat lain yang tengah ditimpa musibah,” kata Haedar di Lapangan KOPERBI Bank Indonesia, Jakarta, Rabu (22/08/2018) sebagaimana teks khutbah Idul Adha bertema “Hakikat Qurban dan Menebar Kebajikan” diterima hidayatullah.com.

Baca: Idul Qurban, ICMI Ajak Tingkatkan Kepedulian untuk NTB

Haedar juga mengajak umat untuk mengembangkan solidaritas sosial yang memupuk persaudaraan, toleransi, perdamaian, dan kebersamaan yang tulus sebagai sesama anak bangsa.

“Kembangkan kebiasaan gemar menolong, berbagi rizki, melapangkan jalan orang yang kesulitan, mengentaskan mereka yang lemah, membela orang yang terzalimi, suka meminta dan memberi maaf, mengedepankan kepentingan orang banyak, dan berbagai kebaikan sosial yang utama,” serunya.

Baca: Khatib Idul Adha di KBRI Islamabad Ajak Doakan Lombok

Sebaliknya, lanjut Haedar, hindarkan diri dari segala bentuk kerakusan yang merugikan orang lain dan menumbulkan kerusakan hidup seperti korupsi, gratifikasi, eksploitasi alam, monopoli, oligopoli, kejahatan kerah putih, politik uang, serta segala tindakan amoral dan asosial.

Pasca Idul Adha, kata Haedar, setiap muslim perlu merayakan solidaritas sosial sebagai budaya dan praksis sosial untuk membela kaum lemah, mengadvokasi kaum kaya agar mau berbagi, dan membangun menebar serba kebajikan dengan sesama yang bersifat melintasi.

Baca: Masjid di Depok Sumbang Infaq Idul Adha Rp 13 Juta untuk Lombok

Budaya dan praksis solidaritas sosial, menurutnya, juga perlu disebarluaskan melalui harmonisasi sosial yang memupuk benih-benih toleransi, welas asih, damai, dan saling memajukan yang membawa pada kebajikan hidup kolektif yang luhur dan utama.

“Orientasi keagamaan dalam kehidupan sosial yang indah ini jangan mekar sesaat di kala ritual, tetapi mewujud dan menyebarluas sepanjang masa dalam kehidupan sebagai pantulan iman dan ihsan yang merahmati semesta alam,” tutupnya.* Andi

Baca: Rabithah Alam Islami Bantu 6 Ribu Pengungsi NTB, akan Perbaiki Masjid-masjid

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !