DPD: Jika Gempa Lombok Jadi Bencana Nasional, NTB akan Cepat Pulih

Kondisi di lapangan, saat ini NTB perlu penangangan ekstra dengan mengerahkan semua sumber daya negara, kata Fahira.

DPD: Jika Gempa Lombok Jadi Bencana Nasional, NTB akan Cepat Pulih
sirajuddin muslim/hidayatullah.com
Lokasi pengungsian korban gempa di Dusun Cupek, Desa Sigar Penjalin, Tanjung, Lombok Utara, NTB, Agustus 2018.

Terkait

Hidayatullah.com– Bencana gempa bumi yang masih terus terjadi di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memerlukan banyak terobosan agar bisa tertangani dengan baik.

Salah satu terobosan yang bisa diambil Pemerintah adalah sesegera mungkin menetapkan status dan tingkatan bencana gempa bumi di NTB sebagai bencana nasional.

“Saya memohon kebaikan hati Pemerintah untuk segera menetapkan gempa NTB sebagai bencana nasional.

Baca: DPP Hidayatullah Instruksikan Seluruh Anggota Bantu Korban ‘Bencana Nasional’ Gempa NTB

Saya paham ada indikator dan variabel yang harus dipenuhi sesuai undang-undang. Tetapi itu semua di atas kertas. Kondisi di lapangan, saat ini NTB perlu penangangan ekstra dengan mengerahkan semua sumber daya negara,” tegas Ketua Komite III DPD Fahira Idris di sela-sela menjalankan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi, dalam pernyataannya kepada hidayatullah.com, Selasa (21/08/2018).

Fahira mengungkapkan, bencana gempa bumi di NTB berbeda dengan bencana gempa bumi yang biasanya terjadi. Karena selain gempa susulan terjadi hingga ratusan kali, gempa baru juga sudah terjadi beberapa kali dan terus menambah jumlah korban jiwa.

Baca: FOZ Desak Pemerintah Tetapkan Gempa NTB Bencana Nasional

Menurut Fahira, ketakutan Pemerintah bahwa sektor pariwisata NTB akan terpuruk jika menjadikan gempa Lombok sebagai bencana nasional, terlalu berlebihan.

Justru jika dijadikan bencana nasional proses rehabilitasi dan rekonstruksi akan lebih sistemik, terintegrasi, dan komprehensif. Sehingga, mempercepat masyarakat NTB bangkit kembali dan sektor pariwisata bisa kembali menggeliat.

Baca: Jokowi: Penetapan Gempa NTB Bencana Nasional Bukan Yang paling Penting

Bencana gempa di NTB terlebih dengan begitu intensifnya gempa susulan, lanjut Fahira, sebenarnya sudah menganggu geliat pariwisata di Lombok, karena turis pasti tidak ada yang datang karena bencana masih terjadi.

Turis akan datang jika gempa sudah berhenti dan proses rehabilitasi dan rekonstruksi berlangsung cepat dan tepat.

Baca: DPRD NTB Minta Jokowi Tetapkan Gempa Lombok Bencana Nasional

“Alasan pariwisata Lombok akan terganggu kalau bencana nasional ditetapkan, saya rasa tidak tepat. Karena akibat bencana ini, Pariwisata Lombok saat ini berhenti menggeliat.

Makanya, pola pikirnya harus dibalik. Tetapkan sebagai bencana nasional. Kerahkan semua sumber daya. Laksanakan rehabilitasi dan rekonstruksi yang sistemik, terintegrasi, dan komprehensif, maka NTB akan bangkit dan pariwisata akan kembali menggeliat di Lombok,” pungkas Senator atau Anggota DPD RI DKI Jakarta ini.*

Baca: Gempa NTB Belum Dijadikan Bencana Nasional: 436 Orang Meninggal, Kerugian > Rp 5 Triliun

Rep: SKR

Editor:

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !