Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Mardani Minta Jokowi Tetapkan Gempa NTB Bencana Nasional

hidayatullah.com
Masjid Nurul Jihad di Desa Dasan Lokong, Tanjung, Lombok Utara, NTB, ambruk dihantam gempa berkekuatan 7 SR pada Ahad (05/08/2018). Gambar diambil pada Kamis (09/08/2018).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Mardani Ali Sera, penggagas gerakan #2019GantiPresiden, mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan gempa beruntun di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai bencana nasional.

“Pak Jokowi harus merespons cepat gempa beruntun hebat di Lombok agar segera dinaikkan situasinya menjadi Bencana Nasional,” kata Mardani di Kompleks Senayan, Jakarta, Senin (20/08/2018) dalam siaran persnya diterima hidayatullah.com.

Baca: Gempa Berkali-kali Malam Ini di NTB >5 SR

Sebelumnya gempa yang melanda Lombok pada Ahad (05/08/2018) menyebabkan lebih dari 460 orang meninggal dan lebih dari 350.000 orang mengungsi.

“Saya sudah minta status gempa Lombok dinaikkan ke level Bencana Nasional ketika berbicara di Forum Indonesian Lawyers Club (ILC) pada hari Selasa, 14 Agustus 2018 lalu, dan tanggal 19-20 ini terjadi gempa hebat beruntun lagi, saya harap jangan sampai pemerintah lambat menyatakan status bencana ini lagi,” ujarnya.

Baca: HMPI Minta Pemerintah Tetapkan Gempa NTB Bencana Nasional

Ia mengingatkan gempa hebat beruntun di Lombok sudah pantas ditetapkan sebagai bencana nasional mengacu pada Pasal 7 UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Pasal 7 menyebutkan wewenang pemerintah dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana, di antaranya penetapan status dan tingkatan bencana nasional dan daerah.

Baca: DPR Dorong Pemerintah Tetapkan Gempa NTB Bencana Nasional

Penetapan status dan tingkat bencana nasional dan daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf c memuat indikator yang meliputi jumlah korban, kerugian harta benda, kerusakan prasarana dan sarana, cakupan luas wilayah yang terkena bencana, dan dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan.

Legislator FPKS DPR RI itu juga mengajak seluruh elemen bersatu untuk membantu Lombok, “Di tengah-tengah meriahnya Asean Games 2018 di Jakarta-Palembang,  juga mari kita bersatu untuk mendukung Lombok,” ajak Mardani.*

Baca: Gempa NTB Belum Dijadikan Bencana Nasional: 436 Orang Meninggal, Kerugian > Rp 5 Triliun

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Pandangan Masyarakat:  Syiah Harga Mati di Sampang

Pandangan Masyarakat: Syiah Harga Mati di Sampang

Massa GMJ Datangi KPK Pertanyakan Kasus Sumber Waras yang Melibatkan Ahok

Massa GMJ Datangi KPK Pertanyakan Kasus Sumber Waras yang Melibatkan Ahok

polisi konsumsi miras

Polri Minta Masyarakat Melaporkan Jika Ada Oknum Polisi Masuk Hiburan Malam atau Konsumsi Miras

Sehari NII Wilayah Jateng Kumpulkan Dana Rp15 Juta

Sehari NII Wilayah Jateng Kumpulkan Dana Rp15 Juta

Abdul Rochim: Ustad Abubakar Baasyir dalam Keaadan Sehat

Abdul Rochim: Ustad Abubakar Baasyir dalam Keaadan Sehat

Baca Juga

Berita Lainnya