Rabu, 26 Januari 2022 / 22 Jumadil Akhir 1443 H

Nasional

DPR Dorong Pemerintah Tetapkan Gempa NTB Bencana Nasional

sirajuddin muslim/hidayatullah.com
Aparat kepolisian dan warga di atas reruntuhan Masjid Jamiul Jamaah, Dusun Karang Pangsor, Pemenang, Lombok Utara, NTB, Selasa (07/08/2018), setelah dihantam gempa pada Ahad (05/08/2018).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto menyampaikan turut berduka atas musibah gempa berkekuatan 6,4 dan 7 Skala Richter yang menimpa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), beberapa waktu lalu.

Peristiwa ini mengakibatkan korban meninggal dunia hingga Senin (13/08/2018), tercatat mencapai 436 jiwa serta lebih dari 1.000 rumah mengalami kerusakan.

Baca: Gempa NTB Belum Dijadikan Bencana Nasional: 436 Orang Meninggal, Kerugian > Rp 5 Triliun

“Kami atas nama DPR RI mengucapkan belasungkawa kepada saudara kita yang menjadi korban dari gempa bumi berkekuatan 7 Skala Richter di Lombok,” ungkap Agus saat ditemui di ruang kerjanya, Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, kemarin (13/08/2018) lansir Parlementaria.

Untuk itu, politisi Partai Demokrat ini berharap kejadian yang menimpa Lombok, NTB bisa dinaikan statusnya menjadi bencana nasional, mengingat korban yang berjatuhan cukup banyak, serta kerugian negara yang mencapai lebih dari Rp 5,4 triliun.

Baca: 381 Jiwa Meninggal, Pemerintah Belum Tetapkan Gempa NTB Bencana Nasional

“DPR RI akan berusaha meringankan beban saudara kita yang sedang mengalami musibah di NTB. Ini gempa yang cukup hebat dan kuat. Saya ada pemikiran ini dijadikan bencana nasional, sehingga semua bisa gotong royong menyelesaikan masalah ini,” harap politisi dapil Jateng itu.

Disebutkan, salah satu alasan perlu dinaikkan statusnya menjadi bencana nasional karena kerusakan infrastruktur tidak akan secepatnya bisa diperbaiki apabila menggunakan anggaran yang normal. Jika menggunakan anggaran bencana nasional, tentunya anggarannya bisa diberikan tanpa melalui proses yang administratif, namun pertanggungjawabannya tetap clear.*

Baca: “Sejak Gempa Pertama Kami Belum Dapat Bantuan Pemerintah”

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Kayak Negara Lain, GAPMMI Berharap Indonesia Bisa Manfaatkan Potensi Produk Halal

Kayak Negara Lain, GAPMMI Berharap Indonesia Bisa Manfaatkan Potensi Produk Halal

FUUI Beber Bukti Keterlibatan Panji Gumilang dalam NII KW IX

FUUI Beber Bukti Keterlibatan Panji Gumilang dalam NII KW IX

Saudi Nilai Indonesia Pasar Menggiurkan

Saudi Nilai Indonesia Pasar Menggiurkan

17 Ormas Islam Menolak Perppu

17 Ormas Islam Menolak Perppu

MUI Akui 45 Lembaga Halal Dunia

MUI Akui 45 Lembaga Halal Dunia

Baca Juga

Berita Lainnya