Cegah Malaria, BMH-SAR Hidayatullah Gelar Lomba Kebersihan di Pengungsian

Pengungsi korban gempa diharapkan termotivasi hidup bersih meskipun dalam keadaan darurat, sehingga terbebas dari berbagai penyakit.

Cegah Malaria, BMH-SAR Hidayatullah Gelar Lomba Kebersihan di Pengungsian
sirajuddin muslim/hidayatullah.com
Lokasi pengungsian korban gempa di Dusun Cupek, Desa Sigar Penjalin, Tanjung, Lombok Utara, NTB, Agustus 2018.

Terkait

Hidayatullah.com– Nusa Tenggara Barat (NTB) tercatat sebagai daerah endemis malaria. Pasca rentetan gempa yang mengguncang NTB, puluhan ribu warga mengungsi di ribuan titik posko.

Susahnya air bersih dan fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK), juga lingkungan kemah darurat yang kurang bersih, mengancam timbulnya serangan malaria.

Baca: Pengungsi NTB Terancam Diserang Malaria dan Tetanus

Mengantisipasi hal itu, relawan Baitul Maal Hidayatullah (BMH) dan Tim SAR Hidayatullah menggelar lomba kebersihan antar kemah pengungsi di Dusun Cupek, Sigar, Penjalin, Tanjung, Lombok Utara, Ahad (12/08/2018).

Murdianto, koordinator lapangan kegiatan tersebut, mengatakan, lomba ini dilakukan untuk mengedukasi para pengungsi. Juga agar mereka termotivasi hidup bersih meskipun dalam keadaan darurat, sehingga terbebas dari berbagai penyakit.

Baca: Layanan Kesehatan Keliling IMS ke Posko-posko Pengungsian

“Kami sampaikan kepada pengungsi, ke depannya kegiatan seperti ini akan terus kami lakukan dan menilainya secara diam-diam, agar mereka termotivasi untuk menjaga kebersihan,” ujarnya kala pembagian hadiah, Senin (13/08/2018) di masjid darurat yang dibangun para relawan.*/Sirajuddin Muslim

Baca: Pengungsi Korban Gempa Butuh MCK Darurat

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !