Senin, 2 Agustus 2021 / 24 Zulhijjah 1442 H

Nasional

BMH dan Laznas Lain Bersinergi Bantu Korban Gempa NTB

bmh
Koordinasi BMH-AQL-SAR Hidayatullah yang berlangsung di Desa Sigarpenjalin, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara, dalam upaya pemulihan pasda gempa NTB, Agustus 2018.
Bagikan:

Hidayatullah.com– Upaya untuk melakukan evakuasi dan bantuan logistik serta medis kepada korban gempa Nusa Tenggara Barat (NTB), merupakan tugas bersama yang membutuhkan sinergi satu sama lain.

Untuk itu, tim Laznas BMH di lapangan bergerak aktif melakukan penelusuran dan komunikasi agar upaya membantu korban gempa dapat berjalan secara lebih baik.

“Alhamdulillah, kemarin (06/08/2018) kami telah melakukan koordinasi dengan kawan-kawan dari AQL, GR. 10.000, dan yang terbaru dengan Laznas BSM (Bangun Sejahtera Mitra Umat) yang membawa enam tenaga medis, hal ini sangat penting karena penanganan medis sangat mendesak di lokasi,” terang Kepala Perwakilan BMH Nusa Tenggara Barat Abdul Kholiq.

Baca: Diisukan Banyak Maling, Pengungsi Gempa Lombok Berjaga di Depan Posko

Dalam koordinasi tersebut disepakati tiga poin utama yang akan dilaksanakan hari ini, Selasa (07/08/2018).

“Insya Allah, mohon doanya, hari ini tim akan bekerja lebih baik lagi untuk assesment guna penentuan penanganan yang lebih tepat dan akurat. Kemudian melanjutkan evakuasi dan membuka posko dan layanan medis bersama Laznas BSM,” imbuh Kholiq.

Sementara itu, Manajer Simpati Umat dari Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat (Laznas BSM), Humairoh Anahdi mengatakan, pihaknya akan kembali mengirimkan bantuan tenaga medis ke posko yang didirikan Laznas BMH.

“Insya Allah akan ada tambahan tenaga medis lagi ke lapangan, akan sinergi juga bersama kawan-kawan BMH di lapangan,” jelasnya.

Baca: 1 Mayat Dievakuasi dari Reruntuhan Masjid Jamiul Jamaah

Koordinasi yang berlangsung di Desa Sigarpenjalin, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara itu berjalan dengan penuh keakraban dan kekeluargaan.

“Semoga kita dapat berbuat lebih baik, menyalurkan amanah kaum dermawan negeri ini untuk saudara kita di sini,” ucap Kholiq.

Dalam kesempatan terpisah dini hari tadi, Selasa, rombongan ambulans BMH Jawa Timur bersama 14 relawan mendapatkan sambutan khusus dari pihak Pelabuhan Ketapang Banyuwangi.

“Kami mendapat sambutan khusus dari pihak pelabuhan. Hal ini tidak lain karena informasi dari Pemda Lombok yang memberitahukan bahwa akan ada rombongan ambulans dari Jawa Timur yang akan menyeberang ke Lombok melalui Bali.

Baca: Kesaksian Kakek Selamat dari Reruntuhan Masjid Saat Gempa

Alhamdulillah, ambulans BMH dapat prioritas jalur khusus naik kapal ferry dengan tanpa dipungut biaya,” terang koordinator tim ambulan BMH di lokasi, Abdan Syakura.

Sinergi juga dijalin dengan tim kesehatan dari Islamic Medical Service (IMS) dan SAR Nasional Hidayatullah.*

Rep: Achmad Fazeri
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

DPR Minta Presiden Cabut Perpres Miras

DPR Minta Presiden Cabut Perpres Miras

Mekanisme Peminjaman Rekening pada GNPF-MUI Dinilai Sesuai Prosedur

Mekanisme Peminjaman Rekening pada GNPF-MUI Dinilai Sesuai Prosedur

Wamenag

Wamenag: Asrama Haji untuk RS Darurat Covid-19 sebagai Alternatif

UMY Beri Beasiswa Penghafal Al Quran

UMY Beri Beasiswa Penghafal Al Quran

Politisi PKS Dukung Aturan Calon Kepala Daerah Tak Boleh Zina dan Mabuk

Politisi PKS Dukung Aturan Calon Kepala Daerah Tak Boleh Zina dan Mabuk

Baca Juga

Berita Lainnya