Gempa NTB 7 SR, sempat Dinyatakan Peringatan Dini Tsunami

"Udah 21 kali gempa susulan dengan intensitas lebih kecil."

Gempa NTB 7 SR, sempat Dinyatakan Peringatan Dini Tsunami
ist.
Kondisi salah satu rumah warga di Desa Pohgading karena gempa bumi 7 SR yang menghantam Lombok Timur, NTB, Ahad (05/08/2018) malam.

Terkait

Hidayatullah.com– Belum berakhir proses pemulihan pasca gempa bumi akhir Juli lalu, Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali dihantam gempa, Ahad (05/08/2018).

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pusat, gempa terjadi dengan kekuatan 7 SR pada kedalaman 15 km dengan pusat gempa di darat 18 km barat laut Lombok Timur NTB atau 22 km timur laut Lombok Utara NTB pukul 18.46 WIB.

“Gempa berpotensi tsunami,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam rilisnya diterima hidayatullah.com, Ahad pukul 21.23 WIB.

Peringatan dini tsunami, lanjutnya, telah berakhir. Tsunami memang terjadi di pantai tetapi kecil hanya setinggi 9-13 cm. Tsunami tidak menimbulkan korban jiwa dan kerusakan bangunan.

“Saat ini gempa susulan masih berlangsung. Sudah 21 kali gempa susulan dengan intensitas lebih kecil,” ungkapnya.

Sebelumnya, BMKG menyatakan gempa berkekuatan 6,8 SR dan tidak berpotensi tsunami.

“Selanjutnya BMKG telah melakukan pemutakhiran gempa dengan kekuatan 7 SR pada kedalaman 15 km. Pusat gempa 18 km Barat Laut Lombok Timur NTB. Gempa berpotensi tsunami,” jelas Sutopo dalam rilisnya diterima sekitar pukul 19.54 WIB.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !