PIMPIN Gelar Special Lecture Tentang Struktur Pemikiran Islam

Menurutnya, diskusi semacam ini sangat penting. Karena pada pinsipnya segala sesuatu bermula dari cara berfikirnya.

PIMPIN Gelar Special Lecture Tentang Struktur Pemikiran Islam
yahya g nasrullah/hidayatullah.com
Diskusi Special Lecture bertema "Pemikiran Ushul Fiqh dalam Konteks Struktur Pemikiran Islam" bertempat di Dbest Hotel Sofia Dago, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (14/07/2018), gelaran Institut Pemikiran dan Pembangunan Insan (PIMPIN) Bandung.

Terkait

Hidayatullah.com– Institut Pemikiran dan Pembangunan Insan (PIMPIN) Bandung menggelar diskusi Special Lecture bertema “Pemikiran Ushul Fiqh dalam Konteks Struktur Pemikiran Islam” bertempat di Dbest Hotel Sofia Dago, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (14/07/2018).

Hadir sebagai pembicara pada kesempatan itu pendiri Institute for the Study of Islamic Thought and Civilizations (INSISTS) yang dosen University College of Bahrain, Dr. Ugi Suharto.

Direktur PIMPIN Dr. Wendi Zarman mengatakan, diskusi Special Lecture tersebut merupakan kelanjutan dari pembahasan sebelumnya dengan Dr Ugi mengenai struktur berpikir Islam.

“Jadi tentang tingkatan-tingkatan berpikir, dari paling tinggi itu worldview yakni akidah, lalu ke bawahnya kalam, dan di bawahnya lagi usul fiqh, kemudian fiqh,” jelasnya kepada hidayatullah.com usai acara.

Menurutnya, diskusi semacam ini sangat penting. Karena pada pinsipnya segala sesuatu bermula dari cara berfikirnya. Kalau cara berfikirnya benar maka tindakannya benar, dan sebaliknya.

“Kita mencoba melihat kembali sebenarnya yang ada di masyarakat itu seberapa jauh pemikiran yang berkembang, apakah sudah betul sesuai dengan yang sudah diwariskan ulama,” ujarnya.

PIMPIN sebagai lembaga yang konsen dalam bidang pemikiran, terang Wendi, akan terus menggelar berbagai kegiatan serupa.

“Akan ada lagi ke depan, akan terus. Ada yang berseri, sifatnya seperti kursus beberapa kali pertemuan. Ada yang sifatnya insidental,” tandasnya.

Special Lecture kali ini sendiri dihadiri oleh sekitar 60 orang dari berbagai kalangan, di antaranya mahasiswa, guru, dosen, dan masyarakat umum.*

Rep: Yahya G Nasrullah

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !