Sabtu, 27 November 2021 / 22 Rabiul Akhir 1443 H

Nasional

Gubernur Anies: Pertemuan Ulama Dunia Momen Gaungkan Persatuan

muzakki
Pembukaan Multaqo Ulama dan Dai Asia Tenggara, Afrika, Eropa V Digelar di Jakarta, Selasa (03/07/2018).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, digelarnya Multaqo atau Pertemuan Ulama dan Dai se-Asia Tenggara, Afrika, dan Eropa V menjadi momen untuk menggaungkan pesan persatuan.

Anies menyebut, Indonesia, khususnya Jakarta, sebagai tuan rumah juga bisa menjadi tempat belajar bagi para tamu yang hadir dari luar negeri.

“Membangun persatuan di Indonesia bukan berarti kita menghilangkan masalah, tetapi dari waktu ke waktu kita sebagai bangsa selalu bisa menyelesaikan masalah dan menjaga persatuan, dan mungkin dunia Islam bisa belajar banyak dari bagaimana persatuan di Indonesia bisa dibangun,” ujarnya pada pembukaan Multaqo yang digelar selama empat hari, Selasa-Jumat (03-06/07/2018), di Hotel Grand Cempaka, Jakarta.

Baca: Kisah Mualafnya Kepala Suku Afrika Bertongkat Macan

Anies menambahkan, pemahaman mengenai pentingnya meningkatkan semangat persatuan mendasari Pemprov DKI Jakarta selaku tuan rumah memilih tokoh Jam’iyah Ahlit Thariqah al-Mu’tabarah an-Nahdliyah, Habib Muhammad Lutfi bin Ali bin Yahya sebagai keynote speaker. Dimana Habib Luthfi dinilai kerap menggaungkan pesan mengenai persatuan dan perdamaian sebuah bangsa dalam ceramah-ceramahnya.

”Kita juga bersyukur yang menjadi pembicara kunci adalah Habib Lufti dari Pekalongan, beliau senantiasa memberikan pesan untuk persatuan dan perdamaian yang akan didengar oleh para ulama yang datang dari Afrika, Timur Tengah dan lainnya.

Kita berharap pengalaman di Indonesia bisa menjadi pelajaran dan hikmah yang bisa diambil untuk dunia,” paparnya.

Baca: Multaqo Ulama dan Dai Asia Tenggara, Afrika, Eropa V Digelar di Jakarta

Anies mengucapkan terima kasih dipilihnya kembali Jakarta sebagai tuan rumah dan penyelenggara Multaqo tingkat internasional. Terlebih, menurutnya, Jakarta merupakan replika dari keberagaman Indonesia sebagai sebuah bangsa.

“Kita merasa bersyukur pada kesempatan ini Jakarta menjadi tuan rumah, saya sampaikan bahwa Indonesia negeri yang beragam, namun yang unik bukan beragamnya tetapi persatuannya,” tandasnya.*

Rep: Ibnu Sumari
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Habib Rizieq Siap Penuhi Panggilan Polda Jabar, Asalkan…

Habib Rizieq Siap Penuhi Panggilan Polda Jabar, Asalkan…

Wapres Boediono Tutup Muktamar Muhammadiyah

Wapres Boediono Tutup Muktamar Muhammadiyah

Ketua IJLM: Kembalikan Udara Segar, Tindak Para Pembakar

Ketua IJLM: Kembalikan Udara Segar, Tindak Para Pembakar

Suripto: Waspadai Agenda Tersembunyi Dibalik Isu Suriah dan Sampang

Suripto: Waspadai Agenda Tersembunyi Dibalik Isu Suriah dan Sampang

JK: Jangan Apa-Apa Minta dari China

JK: Jangan Apa-Apa Minta dari China

Baca Juga

Berita Lainnya