Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Tokoh-tokoh Indonesia Ucapkan Selamat atas Presiden Turki Erdogan

@Fadlizon
Fadli Zon saat berswafoto dengan Presiden Turki Erdogan (kiri).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Tokoh-tokoh di Indonesia menyampaikan ucapan selamat atas Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang oleh Dewan Pemilihan Tertinggi Turki (YSK) diumumkan mutlak memenangkan mayoritas suara dalam pemilihan presiden.

Ucapan selamat itu antara lain disampaikan Wakil Ketua DPR RI yang juga Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon.

“Selamat atas kemenangan AK Party dan @RT_Erdogan terpilih kembali menjadi Presiden Turki. Kenangan selfie dengan Erdogan,” tulis Fadli Zon lewat akun media sosial terverifikasinya di Twitter, @Fadlizon, Senin (25/06/2018) seraya mengunggah gambar saat dirinya berswafoto bareng Erdogan, dan menandai akun resmi Erdogan.

Baca juga: Dewan Pemilihan Tertinggi Turki : Erdogan Menang Mutlak Suara

Ucapan senada disampaikan Wakil Ketua MPR RI yang juga politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid (HNW).

“Pilihan rakyat Turki, yang lanjutkan praktek demokrasi, yang sejalan dengan nilai-nilai Islami, telah menangkan kembali Erdogan dengan AKP-nya. Ucapan selamat sudah disampaikan oleh pimpinan berbagai negara, termasuk Palestina. Selamat dan semoga lebih baik dan lebih berkah,” kicau HNW lewat akun terverifikasinya, @hnurwahid, Senin.

Warganet juga ramai-ramai menyampaikan ucapan selamat kepada Erdogan dan partainya, AKP.

“Kemenangan Erdogan di Turki In syaa Allah akan menjadi inspirasi dan motivasi kemenangan para pemimpin pro Islam di Pilkada 2018 dan juga Pilpres 2019. Bi idznillah…,” tulis Hilmi Firdausi lewat ‏@Hilmi28.

Baca: 90 Persen Suara Terhitung, Para Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat pada Erdogan

Pantauan hidayatullah.com hingga berita ini dimuat, belum terlihat ucapan selamat atas Erdogan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat akun resminya di media sosial, baik di Instagram (@jokowi), Twitter (@jokowi), maupun fanspage Facebook (@jokowi).

Tapi Jokowi diberitakan telah menyampaikan ucapan selamat kepada Erdogan.

“Saya mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Presiden Tayyib Erdogan sebagai Presiden Turki,” ujar Jokowi di sela meninjau persiapan fisik Asian Games 2018 di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (25/6/2018), kutip Kompas.com Senin sore.

Baca: 56 Juta Warga Berpartisipasi dalam Pemilu Turki Hari Ini

Presiden Jokowi mengaku sudah meminta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk bisa mengatur waktu komunikasi jarak jauh dengan Erdogan sesegera mungkin.

“Saya sudah minta Menlu untuk mengatur supaya saya bisa telepon langsung Erdogan,” ujar dia.

Indonesia dan Turki, lanjut Jokowi, punya banyak kesamaan. Oleh sebab itu, dengan terpilihnya kembali Erdogan sebagai Presiden Turki, ia berharap hubungan bilateral kedua negara semakin baik lagi.

“Terutama di bidang ekonomi, investasi. Karena memang kedekatan Indonesia dengan Turki di forum, salah satunya OKI, saya kira tidak perlu diragukan lagi,” ujar Jokowi.

Baca: Erdogan dan Konspirasi Global

Diberitakan hidayatullah.com sebelumnya, Dewan Pemilihan Tertinggi Turki (YSK) hari Senin pagi mengumumkan Presiden Recep Tayyip Erdogan mutlak memenangkan mayoritas suara dalam pemilihan presiden karena 97,7 persen kotak suara dibuka.

Berbicara beberapa jam setelah pemilihan presiden dan parlemen hari Ahad, kepala YSK Sadi Guven mengatakan Partai Keadilan dan Pembangunan (AK), Partai Rakyat Republik (CHP), Partai Gerakan Nasionalis (MHP), Partai Rakyat Demokrat (HDP) dan Partai Kebaikan (IYI) telah melewati 10 persen ambang batas dalam pemilihan parlemen.

Baca: Ungguli Pesaingnya dalam Perhitungan, Erdogan Klaim Menangi Pemilu Turki

Sadi mengatakan, suara tersisa yang belum terhitung jumlahnya tidak akan memengaruhi hasil Pemilu.

Kandidat presiden Turki dari Partai Rakyat Republik (CHP) akan menggelar konferensi pers mengenai hasil pemilihan umum hari ini di kantor partai CHP di Ankara.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Din Syamsudin : Jangan Biarkan Kapitalisme Merajalela di Indonesia

Din Syamsudin : Jangan Biarkan Kapitalisme Merajalela di Indonesia

WNA Asal Prancis Jadi Predator Seks, Korbannya 305 Anak

WNA Asal Prancis Jadi Predator Seks, Korbannya 305 Anak

SNH Advokasi Center: Pelaku Pelarangan Ibadah Dan Pembakaran Masjid Tolikara Papua Harus Dihukum

SNH Advokasi Center: Pelaku Pelarangan Ibadah Dan Pembakaran Masjid Tolikara Papua Harus Dihukum

Revisi UU ITE kebebasan

Selidiki Negara “Kriminalisasi” Ulama, Komnas HAM akan Serius Jalankan Mandat

BNN Musnahkan 40,1 Kilogram Sabu dari Malaysia

BNN Musnahkan 40,1 Kilogram Sabu dari Malaysia

Baca Juga

Berita Lainnya