Usai Kerusuhan Mako Brimob, Polri: 155 Napi Dipindahkan ke Nusakambangan

Kepolisian saat ini sedang melakukan sterilisasi dan olah tempat kejadian perkara (TKP) dimana kerusuhan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, terjadi.

Usai Kerusuhan Mako Brimob, Polri: 155 Napi Dipindahkan ke Nusakambangan
skr/hidayatullah.com
Suasana di depan kompleks Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Kamis (10/05/2018) pagi pukul 10.47 WIB.

Terkait

Hidayatullah.com– Pasca kerusuhan Mako Brimob dan rangkaian negosiasi sejak Selasa hingga Kamis dinihari (08-10/05/2018), situasi di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, berangsur kondusif.

Pantauan hidayatullah.com pada Kamis pagi, Jl Komjen Pol M Jasin dimana kompleks Mako Brimob berada telah dibuka kembali untuk umum setelah sejak kemarin diblokir kepolisian.

Warga sekitar, Sarito, mengatakan, jalan tersebut dibuka pada pagi hari. “Sekitar jam 9-an,” ujarnya ditemui wartawan di depan gerbang utama Mako Brimob.

Baca: Kerusuhan di Rutan Mako Brimob, 5 Polisi dan 1 Napi Tewas

Lalu lintas di jalan tersebut pun kembali normal. Pagar kawat berduri yang sebelumnya dipasang di depan gerbang sudah tidak ada.

Menurut Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Mohammad Iqbal, Mako Brimob sudah dikendalikan sepenuhnya oleh kepolisian.

“Tetapi masih juga kami perketat. Sudah dikendurkan untuk pelayanan publik. Misalnya jalan raya di depan sudah direkayasa sudah dibuka. Mungkin bisa ditutup suatu waktu (jika diperlukan),” ujar Iqbal kepada para wartawan dalam konferensi pers di Media Center Divhumas Polri, kompleks Korps Sabhara Baharkam Polri Direktorat Polisi Satwa sebelah Mako Brimob.

Baca: Pengamat: Kerusuhan Mako Brimob Bisa Jadi Karena Napi Sakit Hati pada Polisi

 

Menurut Iqbal, setelah proses negosiasi kepolisian dengan pihak napi terorisme pasca kerusuhan itu, sebanyak 145 napi menyerahkan diri. Sedangkan sebanyak 10 napi lainnya masih bertahan. Petugas pun melakukan ultimatum, hingga kemudian sebanyak 155 sudah berada dalam kendali polisi.

Para napi tersebut pun dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan di Jawa Tengah, Kamis pagi. “Proses evakuasi menjelang fajar ketika Wakapolri jalan ke sini (media center) untuk konferensi pers,” sebut Iqbal.

Baca: Penjual Mengaku Khawatir Aksi Seperti ini ‘Settingan’

“Saat ini insya Allah sudah sampai mungkin, sudah mendekat (ke Nusakambangan),” ujarnya pada sekitar pukul 11.28 WIB.

Kepolisian saat ini sedang melakukan sterilisasi dan olah tempat kejadian perkara (TKP) dimana kerusuhan tersebut terjadi.*

Baca: Polisi yang Disandera Napi Bebas, Operasi di Mako Brimob Berakhir

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !