PBNU Dukung Rencana Redistribusi Aset Pemerintah

PBNU sudah mengingatkan pemerintah agar fokus reforma agraria bukan sekadar sertifikasi tanah, melainkan redistribusi lahan rakyat dan petani.

PBNU Dukung Rencana Redistribusi Aset Pemerintah
muhammad abdus syakur/hidayatullah.com
Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj (tengah) bersama Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini (kiri) menunjukkan lembaran "Pesan Moral" pada konferensi pers PBNU di Jakarta, Jumat (28/10/2016).

Terkait

Hidayatullah.com– Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, KH Said Aqil Siroj, mendukung rencana redistribusi aset pemerintahan Joko Widodo.

Sebab, kata Said, saat ini, ada pengusaha yang menguasai 5,5 juta hektare tanah, tapi banyak rakyat yang tidak punya tanah sejengkal pun.

“Silakan luar negeri menanamkan modal di sini, tapi dengan keadilan. Jelas pembagiannya dan jelas batasannya,” tegasnya di Gedung PBNU lantai 8, Jakarta, baru-baru ini.

Baca: Penekanan MUI soal Redistribusi Aset dan Reformasi Agraria

Dulu, Said bercerita, Nabi Muhammad memberikan tanah garapan kepada Sahabatnya, Bilal, seorang yang miskin dan melarat. Ketika Nabi Muhammad wafat dan digantikan oleh Khalifah Abu Bakar, Bilal masih menggunakan tanah itu. Tapi, ketika Abu Bakar wafat dan diteruskan oleh Khalifah Umar bin Khaththab, tanah garapan Bilal dicabut hak gunanya oleh Umar. Sebab Umar menilai Bilal sudah sejahtera dan tanah itu bisa diberikan ke orang miskin lainnya.

Baca: Sengketa Agraria Meningkat Diduga Dampak Pembangunan Infrastruktur Masif

Sebelumnya, PBNU sudah mengingatkan pemerintah agar fokus reforma agraria bukan sekadar sertifikasi tanah, melainkan redistribusi lahan rakyat dan petani.

Pembatasan penguasaan dan kepemilikan tanah atau hutan atau perkebunan harus dilakukan agar kekayaan tidak bergulir di antara segelintir pemilik uang.* Andi

Baca: Muhammadiyah Kritisi Ketimpangan Pemilikan Tanah

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !