Kekompakan Aa Gym, TGB, dan UAS Saat Berkuda Bareng

Ketiganya berkumpul dalam satu acara Kajian Tauhiid yang digelar Daarut Tauhid di Cigugur Girang, Parongpong, Kabupaten Bandung.

Kekompakan Aa Gym, TGB, dan UAS Saat Berkuda Bareng
FP TGB Zainul Majdi
[Dari kiri ke kanan] Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi, KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), dan Ustadz Abdul Somad (UAS) saat berkuda bareng di Eco Pesantren Daarut Tauhiid (DT), Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Ahad (01/04/2018).

Terkait

Hidayatullah.com– Tiga sosok ulama dan umara ini tampak kompak saat beraksi bareng dalam satu momentum. Ketiganya adalah Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi, KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), dan Ustadz Abdul Somad (UAS).

Menariknya lagi, kekompakan mereka bukan sebatas di atas panggung atau podium ceramah, tetapi di atas punggung kuda.

Ya, ketiga sosok yang begitu masyhur di kalangan umat Islam ini berkuda bareng di Eco Pesantren Daarut Tauhiid (DT), Bandung, Jawa Barat (Jabar), Ahad (01/04/2018).

Aa Gym, Pimpinan DT, mengundang dua alumnus Universitas Al Azhar Mesir itu ke pondoknya, merasakan sensasi berkuda dan memanah, serta menyampaikan tausiyah.

Baca: Ulama dan Umara Serukan Persatuan Umat untuk Indonesia

Ada pengalaman berkesan memacu adrenalin yang luar biasa dirasakan TGB, seorang ulama yang juga Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Biasanya melihat dan menunggang kuda di Sumbawa yang posturnya lebih mini. Ini besar sekali, cukup bikin grogi. Tapi mungkin segagah-gagahnya kuda, saya tertarik pada matanya yang lembut sekali,” tutur TGB menceritakan pengalamannya itu kepada publik, seusai acara tersebut melalui akun media sosial terverifikasinya di Instagram, @tuangurubajang, Ahad.

“Seru,” tuturnya, “karena sempat bercanda dengan Ustadz Abdul Somad yang tumben kali ini lebih banyak diam di atas kuda. Saya bilang pasti sedang sibuk ‘wiridan’ menenangkan hati, meskipun sebenarnya kami sama-sama sedang berpikir kapan segera turun dari kuda.”

UAS pun tuturnya punya perasaan campur aduk, senang dan cemas, saat menunggang kuda tersebut. “Susah diungkapkan dengan kata-kata, antara senang bisa berada antara Aa Gym dan TGB, tapi juga cemas karena takut kudanya ngamuk. Banyakin baca shalawat juga biar kudanya tenang. Omong-omong, ini masih lama enggak ya…,” seloroh khas UAS.

Baca: Aa Gym: Jabatan Hanyalah ‘Casing’, Utamakan Isinya

Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi dan Ustadz Abdul Somad (UAS) saat berkuda bareng di Eco Pesantren Daarut Tauhiid (DT), Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Ahad (01/04/2018). [FP TGB Zainul Majdi]

Baca: Ribuan Kaum Muslimin Penuhi Tabligh Akbar Ustadz Abdul Somad di Masjid Raya Bandung

Pada kesempatan itu, Aa Gym yang memang dikenal piawai berkuda dan memanah mengajarkan TGB dan UAS berkuda. Aa Gym pun mengajak TGB dan UAS berkuda menuju Masjid Rahmatan Lil ‘Alamin Eco Pesantren Daarut Tauhiid, lantas kemudian melanjutkan perbincangan dan menjumpai para jamaah yang telah menunggu.

Ketiganya berkumpul dalam satu acara Kajian Tauhiid yang digelar DT di Cigugur Girang, Parongpong, Kabupaten Bandung. Dalam penyampaiannya (semacam talkshow) di depan jamaah, ketiganya saling memuliakan dan mengapresiasi satu sama lain.

“Almukarram Ustadz Abdullah Gymnastiar disenangi orang karena dia memberikan kesan pertama yang begitu menggoda,” tutur UAS, dai kondang asal Pekanbaru, Riau, berseloroh disambut tawa Aa Gym dan jamaah dalam acara yang disiarkan live streaming di fanspage Aa Gym tersebut.

“Baik, terima kasih, saya kenalkan dulu yang sebelah (kiri) saya ini,” sambut Aa Gym yang duduk di tengah-tengah antara UAS -sebelah kanannya- dan TGB.

Baca: TGB Zainul Tekankan Pentingnya Persatuan Umat

“Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Ustadz,” sapa Aa Gym berpaling ke kiri dimana TGB tampak duduk mengenakan kemeja putih dibalut jas berwarna gelap.

“Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, Aa,” jawab TGB.

“Saya enggak apa-apa duduk di tengah ini?” potong Aa Gym.

Tafaddol! Tafaddol! Memang harus di tengah itu shohibul bait (tuan rumah, Red) ya,” jawab TGB mempersilakan, lantas menceritakan pengalamannya saat berkuda tadi.

“Saya sama Ustadz Somad dari tadi saling lirik-lirikan terus itu. Mana yang lebih dulu minta turun dari kuda,” ungkapnya disambut tawa sebagian jamaah. “Alhamdulillah kami berdua bisa bertahan sampai selesai.”

“Alhamdulillah,” sahut Aa Gym, lantas mengakui bahwa ia merasa seakan tak sebanding dengan kedua tokoh yang mengapitnya saat itu.

Baca: TGB Maju Pilpres 2019? Ini Jawaban Dia

Ustadz Abdul Somad (UAS), KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), dan Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi menyampaikan tausiyah di Masjid Rahmatan Lil ‘Alamin Eco Pesantren Daarut Tauhiid (DT), Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Ahad (01/04/2018). [FP TGB Zainul Majdi]

“Saya kalau diapit begini, mewotan, hadirin, jadi mengkerut, asli nih. Makanya dikeluarin kuda supaya ada keluaran dikit lah,” guraunya lantas tertawa dikit dan disambut tawa hadirin. “Habis apalagi yang bisa saya sampaikan, beliau-beliau ilmunya lebih tinggi, satu-satunya kuda tadi yang bisa menyelamatkan,” tutur Aa Gym mengapresiasi kedua tamu istimewanya.

Baca: Tabligh Akbar UBN-UAS Dihadiri Gubernur Anies, Ulama, dan Ribuan Jamaah

TGB pun mengakui sejak kecil sebenarnya sudah terbiasa berinteraksi dengan kuda. Namun baru kali ini menunggang kuda sebesar di Bandung tersebut. “Baru tumben pertama kali seumur hidup,” ungkapnya.

Syukurnya, ungkap TGB, pada kesempatan ada UAS yang turut menemaninya dan punya perasaan yang sama saat berkuda.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !