Juara II Lomba Hafal Qur’an Sedunia, Rifdah Farnidah Difasilitasi Haji, Anies Terharu

Gubernur DKI Jakarta Anies mengundang Rifdah Farnidah ke Balai Kota. Rifdah pun akan difasilitasi berhaji oleh Syeikh Khalid Al Hamoudi dari Makkah.

Juara II Lomba Hafal Qur’an Sedunia, Rifdah Farnidah Difasilitasi Haji, Anies Terharu
FB Anies Baswedan
Rifdah Farnidah (tengah) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (dua dari kanan) dan Syeikh Khalid Al Hamoudi di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (29/03/2018).

Terkait

Hidayatullah.com– Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuat media sosial pada Jumat (30/03/2018) ini mengharu biru. Adalah kisah yang dituturkan Anies tentang seorang Muslimah, warga negara Indonesia, yang berprestasi di dunia internasional.

Namanya Rifdah Farnidah, usianya 22 tahun. Masih belia, tutur Anies, namun Rifdah telah membawa nama Indonesia cemerlang di panggung dunia.

Rifdah baru kembali dari Yordania ikuti Musabaqah Hifdzil Quran sedunia dan meraih juara II. Hanya ia juara yang bukan berasal dari negara Timur Tengah.

Ya, Rifdah adalah seorang hafidzah yang mutqin. Al-Qur’an 30 juz ia hafalkan. Tahun lalu ia juara pertama MHQ nasional mewakili DKI Jakarta, kali ketiganya ia raih juara pertama MHQ tingkat nasional.

“Semalam (Kamis, Red) Rifdah kami undang ikut hadir dalam acara silaturahim ulama di Balai Kota. Ia datang bersama ibundanya, dan pembimbingnya, Hj Mutmainnah, dosen di Institut Ilmu Al Quran,” tutur Anies lewat berbagai akun media sosial terverifikasinya baik Instagram maupun fanspage Facebook, Jumat (30/03/2018).

Baca: Kiat Rifdah Farnidah Menghafal Qur’an, termasuk Enggan Pacaran

Di tengah acara, Anies mengundang Rifdah maju. Di depan, Rifdah membacakan firman Allah dalam al-Quran pada Surat Al-Hasyr ayat 18-24.

“Di ruang depan Balai Kota yang usia bangunannya dua abad, di ruang yang tak biasa jadi tempat dilantunkannya al-Qur’an, puluhan ulama, habib, ustadz, dan ustadzah hening, haru, dan khusyuk menyimak lantunan ayat dari suara yang bening. Sebagian kita yang hadir mulai terlihat mengusap butiran air dari matanya,” tuturnya.

Sesudah Rifdah selesai lantunkan ayat suci al-Qur’an itu, Syeikh Khalid Al Hamoudi, tamu kehormatan acara malam itu, yang  juga seorang ulama dari Makkah, angkat bicara.

Syeikh Khalid sampaikan kekaguman dan apresiasi kepada Rifdah. Lalu ia umumkan, “Perkenankan saya sampaikan hadiah kepada Rifdah. Kami akan sepenuhnya fasilitasi Rifdah bersama kedua orangtuanya, juga ibu dosen pembimbing Rifdah beserta suaminya, untuk diberangkatkan ibadah haji.

Saya akan tunggu dan sambut di Makkah, dimana Rifdah dan rombongan akan menjadi tamu Allah, dan tamu kehormatan di mata saya.”

Puluhan hadirin sontak bertakbir dan tahmid. Ruangan bergema, hati tergerak, mata membasah, tutur Anies.

Baca: Dua Mahasiswa Indonesia di Universitas Islam Madinah Raih Penghargaan

Belum selesai, Syeikh Khalid lanjutkan, “Saya punya dua anak perempuan yang juga hafidzah dan sudah lancar tilawah Qur’an dalam berbagai qiroat.

Kini saya punya tiga anak perempuan, Rifdah saya angkat menjadi anak perempuan saya yang ketiga.”

Tak ada hadirin yang tak terharu mendengarnya, puluhan pasang mata menitikkan airnya. Takbir dan tahmid bersahutan. Bangunan kokoh Balai Kota terasa bergetar.

“Itulah sekelumit kisah penyambutan Rifdah semalam di Balai Kota.*ABW,” pungkas Anies.

Kisahnya itu diserta unggahan sejumlah acara yang mengharukan tersebut. Pantauan hidayatullah.com di Instagram (IG), unggahan tersebut diganjar sedikitnya 67,966 tanda suka.

Baca: Dua Santri SD Hidayatullah Raih Juara Sains dan Matematika Internasional

Para pengguna IG mengapresiasi kisah Anies tersebut.

“Masyaa Allah…. sampai netes bacanya,” tulis @kartini.sl.

“MasyaAllah Alhamdulillah tks pa Gubernur Anies yg berfrestasi seperti ini hrs dimunculkan dihargai disupport agar generasi selanjutnya dpt mencontohnya, selamat Rifda…semoga Allah memberkahi Amin…,” komentar @wadania_nia.

Senada itu, warganet dengan nama Rani Nurhairani mengaku turut terharu atas kisah tersebut.

“Tak terasa airmata ini bercucuran, terharu, dan bangga rasanya pada hafidzah Qur’an, dan pada Bapak Anies. Baru kali ini, seorang Gubernur menyambut seorang hafidzah al-Qur’an, semoga berkah buat NKRI ya, Pak,” tulisnya mengomentari penuturan Anies di fanspage-nya.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !