Akun Medsos Jokowi Dibanjiri Ucapan Selamat atas Anies

Banjir pujian atas Anies itu dampak dari pengadangan Gubernur Anies oleh Paspampres pada final Piala Presiden 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Akun Medsos Jokowi Dibanjiri Ucapan Selamat atas Anies
IG
Unggahan foto Presiden Joko Widodo di Instagram dibanjiri puluhan ribu komentar warganet yang memuji-muji Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, diunggah @Jokowi pada Ahad (18/02/2018).

Terkait

Hidayatullah.com– Sejumlah akun resmi Presiden Joko Widodo (Jokowi), baik di Instagram maupun Facebook, dibanjiri ucapan selamat atas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Kok bisa?

Pantauan hidayatullah.com, Senin (19/02/2018) pagi sekitar pukul 09.20 WIB dan siang pukul 13.05 WIB, akun Jokowi di Instagram, @jokowi, banjir pujian dan ucapan selamat atas Anies. Khususnya pada unggahan Jokowi tentang kegiatannya saat menyaksikan langsung laga final Piala Presiden 2018 dimana Persija Jakarta membekuk Bali United dengan skor 3-0, Sabtu malam (17/02/2018).

Di akun itu diunggah sejumlah foto saat Jokowi sedang berfoto selfie (swafoto) di dalam tribun Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK), Jakarta, pada laga tersebut.

“Ini saat saya mengabadikan momen Piala Presiden. Meriah ya. Selamat untuk Jakmania, karena klub kesayangannya semalam menang jadi juara, setelah ngalahin Bali United 3-0. Untuk Serdadu Tridatu, ayo, tetap semangat dukung Bali United. Foto: Biro Pers Setpres,” tertulis demikian dalam unggahan yang di-upload pada Ahad (18/02/2018) dan tidak menuliskan kata “Persija” sama sekali itu.

Hingga pukul 09.51 WIB, unggahan itu sudah menuai setidaknya 30.723 komentar, dan pada pukul 13.36 WIB sudah bertambah menjadi 52.625 komenar. Namun hari ini terlihat isi komentarnya malah banjir pujian atau Anies.

“Bapak memang pemimpin yang berjiwa ksatria, mengayomi, selalu terjun langsung ke masyarakat bila ada masalah di lapangan. Sehat dan semangat terus yah Pak @aniesbaswesdan…,” tulis warganet dengan nama akun W Wiwik Watty, Senin, seraya menandai akun resmi Anies di Instagram.

Baca: Diadang Paspampres, Anies Disambut Meriah Masyarakat dan Suporter

Rofiqfaqihudin menulis: “Selamat Bpk @aniesbaswedan atas kemenangannya….”

Congrat buat Pak Anies Baswedan, atas kemenangan terbesar mengambil hati kita semua, menggetarkan hati kita bahwa kau yang terbaik. Terima kasih, tanpa pencitraan pun, anda sudah lebih hebat dari yang berkuasa sekarang,” tulis fahrizal_soleman.

Kristianto199 menulis: “Selamat pak @aniesbaswedan dan pak @sandiuno 🙏.”

Riyan8darmawan: “Alhamdulillah piala President berjalan dengan aman, TERIMA KASIH BAPAK @aniesbaswedan telah hadir dan memberi semangat kepada kami. SALAM 2 PERIODE BAPAK @aniesbaswedan jadi Gubernur.”

Sedangkan akun colorfulreno menulis: “Harusnya ini bisa jadi berita buat media luar loh, baru kali ini presiden Indonesia dibully rakyat ampe 30rb lebih.”

“Aduh.. Ini presiden oii.. Jangan d bully.. Wkwkwk,” komentar redhswan.

Tulis fahrizal_soleman: “Congrat buat pak ANIS BASWEDAN, atas kemenangan terbesar mengambil hati kita semua, menggetarkan hati kita bahwa kau yang terbaik. Trima kasih, tanpa pencitraan pun, anda sudah lebih hebat dari yang berkuasa sekarang.”

Kata dikajhon: “Selamat buat @persijajkt atas kemenangannya… Selamat juga untuk gubernur DKI Jakarta @aniesbaswedan.”

Baca: Anies Diadang Paspampres tapi Banyak Dikerumuni Orang

Meskipun ada yang memuji Jokowi, misalnya, derifrataardilo, menulis, “Salam 2 periode pak, sy yakin bapak jadi presiden lagi, lihat aja nanti 👍😇,” tapi banjir komentar terhadap Jokowi yang berharap agar sang presiden tak maju pada Pilpres 2019.

Seperti yang disampaikan tito_sutrisno: “jokowi cukup 1 periode saja ya, tahun depan jgan nyalon lagi, udah jelas kalah, sayang dana kampanye kalo di buang buang percuma.”

Atau seperti kata syamsu_alam_aan: “Cukup 1 periode, Pak @jokowi.”

Ada pula yang menyatakan kekagumannya atas banjir komentar pada unggahan Jokowi tersebut tapi pada mendukung Anies. “Uwih 32k komen, Tapi isinya support @aniesbaswedan 😁,” tulis anas_sna.

Menariknya, sikap para pengguna medsos yang justru memuji-muji Anies di medsos Jokowi justru menuai “balasan”. Banyak komentator pada kolom komentar unggahan itu yang mengaku komentarnya pada dihapus admin akun Jokowi.

Akun bilkisrahma01 misalnya, mengaku, “Komen gue dihapus,,wkwkwkwk jadi lentik tuh jari admin ngapusin komen.”

“Daripada komenannya dihapusi mending kolom koment nya aja ditutup min, atau sekalian akunnya aja ditutup. 😂😂 anti kritik,” tulis abi_burrahman.

Sementara kata Donna_merymadona: “Ngeri nya bangsa ini menghujat presiden masuk penjara. Ngomenin presiden yg gak sesuai yg dia ingin kan di hapus coment nya luar biasa admin ny.”

“Kalau dari tadi enggak ada yang dihapus, udah 50 ribu komentar kali,” tulis [email protected].

Baca: Adu Tegas Anies, Jokowi dan Ahok

Banjir pujian atas Anies di medsos tersebut dampak dari kejadian pengadangan Gubernur Anies oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) pada rangkaian laga final Piala Presiden 2018 tersebut.

Sabtu malam itu, Anies diadang Paspampres saat hendak turut turun untuk mendampingi Jokowi guna menyerahkan trofi Piala Presiden kepada pemain Persija di lapangan. Detik-detik kejadian itu direkam jelas oleh seorang penonton di tribun SU GBK dan diunggahnya ke media sosial, Ahad kemarin.

Sejak itu video tersebut menyebar luas dan mem-viral di berbagai jejaring sosial. Sontak masyarakat kebanyakan mengungkapkan simpatinya kepada Anies, dan sebaliknya, menyindir keras tindakan pengadangan Anies tersebut. Banyak pula yang menilai pengadangan itu terkait Pilpres 2019.

Warganet membandingkan tindakan pengadangan itu dengan sikap protokoler kepresidenan pada final Piala Presiden 2015 lalu, dimana Gubernur DKI Jakarta saat itu, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), diundang turut bersama Jokowi ke podium penyerahan trofi.

“Pak @presidenilc tolong ungkap fakta kenapa koh Ahok boleh ke podium sedangkan Pak @aniesbaswedan malah dihalang-halangi turun ke podium.. Ada apa kenapa para pemimpin-pemimpin di negeri ini????? Barakallah @aniesbaswedan @sandiuno,” tulis zombloh.wibowo di kolom komentar unggahan Jokowi tersebut.

Baca: Anies-Sandi, Najwa, dan Upaya Pembusukan

Banjir pujian atas Anies juga terjadi di fanspage terverifikasi Presiden Joko Widodo @Jokowi di Facebook. Di sini, akun tersebut mengunggah foto saat Jokowi menyerahkan trofi Piala Presiden kepada para pemain Persija.

“Saya berada di antara lebih dari 70.000 orang yang menyaksikan langsung pertandingan final turnamen sepak bola Piala Presiden Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, semalam. Jutaan penggemar sepak bola lainnya menonton melalui siaran langsung televisi. Persija Jakarta tampil sebagai juara setelah mengalahkan Bali United dengan skor 3-0. Selamat kepada Persija Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres,” tulis @Jokowi pada unggahan itu, Ahad (18/02/2018).

Alih-alih memuji Jokowi, akun Uji Tok malah menimpali unggahan itu dengan berkomentar: “Selamat buat Persija dan Pak Anies-Sandi kami cinta pemimpin seperti kalian.”

“Saya berada diantara 40000 lebih yg komen langsung pada status yg fenomenal ini , dimana gubernur dki telah di dzolimi dg dilarang ikut dalam penyerahan hadiah mendampingi presiden skaligus tidak bisa memberi ucapan selamat langsung kepada para pemain,, akan tetapi ternyata respon netizen malah menjadikan anies lebih terhormat dengan begitu banyaknya dukungan.. selamat Anies-Sandi telah menjadi pemenang dihati rakyat..!” tulis Ryoza Ryo.

Sedangkan akun resmi Jokowi di Twitter hingga Senin siang ini pukul 13.40 WIB terlihat tidak mengunggah foto-foto atau kicauan terkait laga final Piala Presiden 2018 tersebut.

Sebelumnya diberitakan hidayatullah.com, pihak Istana Kepresidenan membantah jika Presiden Joko Widodo memberi arahan untuk mencegah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mendampingi turun mendampinginya menyerahkan piala usai pertandingan final Piala Presiden 2018, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (17/02/2018) malam.*

Baca: Istana Bantah Jokowi Kasih Arahan Cegah Anies Mendampinginya

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !