Politisi Perlu Mencontoh Buya Hamka Tiga Hal ini

Dari ketiga hal itu, menurutnya, yang paling penting dicontoh politisi saat ini dari Buya Hamka adalah integritas.

Politisi Perlu Mencontoh Buya Hamka Tiga Hal ini
andi/hidayatullah.com
Guru Besar UIN Jakarta Prof Azyumardi Azra di sela-sela seminar nasional “Membedah Pemikiran Buya Hamka dalam bidang Teologi, Fiqh, Harakah, Sastra, Pendidikan dan Tasawuf”, Kamis (15/02/2018) di Aula Buya Hamka, Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Terkait

Hidayatullah.com– Guru Besar UIN Jakarta, Prof Azyumardi Azra, menyebutkan tiga hal yang perlu diteladani oleh politisi sekarang ini dari Buya Hamka.

Yang pertama adalah integritasnya.

Dulu, tutur Azra, ketika jadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Buya Hamka menolak menerima gaji dan fasilitas dari pemerintah.

“Karena kalau menerima gaji dari pemerintah maka bisa jadi bisa dibeli oleh kekuasaan,” jelasnya seusai acara seminar nasional Buya Hamka di kompleks YPI Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (15/02/2018).

Baca: Peringati 110 Tahun Buya Hamka, YPI Al Azhar Gelar Seminar Nasional Buya Hamka

Selain integritas, lanjutnya, politisi perlu meneladani keluasan ilmu Buya Hamka. Bicaranya berdasarkan ilmu pengetahuan. Tidak asal omong.

Selain itu, Buya Hamka juga menulis. ”Para anggota DPR jangan cuma cuap-cuap. Tapi juga menulislah. Menulis itu membuat pikiran runut, teratur, argumennya jelas,” sindirnya.

Sikap akomodatif atau kompromi Buya Hamka, menurut Azra, juga perlu dicontoh oleh politisi. Tidak main menang-menangan sendiri.

Baca: BUYA HAMKA Bukan “Politisi Busuk”

Ia mencontohkan, ketika shalat subuh di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU), Buya Hamka membaca qunut.

“Politik itu harus inklusif harus akomodatif. Tanpa mengorbankan prinsip yang benar,” katanya.

Dari ketiga hal di atas, menurutnya, yang paling penting dicontoh politisi saat ini dari Buya Hamka adalah integritas.* Andi

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !