Ahad, 11 Juli 2021 / 31 Zulqa'dah 1442 H

Nasional

Haedar: Jangan Beri Ruang Bagi Benih Adu Domba

ist.
Kepala Operasi Brigade PP Persis R Prawoto yang dianiaya di Bandung, foto beredar Kamis (01/02/2018).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Semua elemen umat beragama dan komponen bangsa harus bersatu melawan segala bentuk teror di negeri ini. Jangan biarkan umat beragama dirusak kekhidmatan beribadah dan kerukunanannya satu sama lain oleh perbatan-perbuatan nista yang tidak bertanggung jawab itu.

Demikian seruan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, merespons berbagai teror dan kasus kekerasaan terhadap umat dan tokoh agama belakangan ini. Termasuk jemaat Gereja ST Lidwina Gamping di Sleman, Yogyakarta dan dua ustadz/kiai di Jawa Barat beberapa waktu yang lalu.

“Peristiwa tragis tersebut juga jangan memberi ruang bagi sikap saling curiga dan benih adu-domba, yang merugikan kehidupan bersama,” tegasnya dalam keterangan tertulis yang diterima hidayatullah.com, Senin (12/02/2018).

Baca: Tokoh-tokoh Agama Diteror, Muhammadiyah Desak Aparat Usut Tuntas dan Adil

Menurutnya, kehidupan beragama bukan hanya menyangkut kerukunan, kemajemukan, dan toleransi tetapi juga memerlukan kedamaian, ketenteraman, dan keamanan untuk menjadi milik bersama dan dilindungi negara.

Negara, kata Haedar, tidak boleh toleran atas teror kekerasan terhadap tokoh dan umat beragama, sekaligus harus bertindak objektif dan tidak diskriminasi.

Muhammadiyah percaya bahwa aparat kepolisian dan penegak hukum akan mengusut tuntas kedua kasus dan kasus-kasus tragis lainnya dengan cepat, tegas, adil, objektif, dan berdasarkan hukum yang sebenar-benarnya.

Baca: Kekerasan atas Tokoh-tokoh Agama, Waspadai Upaya Adu DombaBaca

Muhammadiyah juga mengajak seluruh umat beragama dan warga bangsa agar makin memperkokoh persaudaraan, saling menghormati dan mencintai, serta membangun jalinan sosial yang tulus dan rukun demi tegaknya kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara yang damai, maju, dan berperadaban mulia di Indonesia yang sama-sama dicintai.

“Semoga Allah Subhanahu Wata’ala melindungi umat dan bangsa Indonesia dari segala marabahaya, seraya tetap bersyukur dan menjalani kehidupan sejalan dengan ajaran-ajaran-Nya yang luhur dan utama,” harapnya.* Andi

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Presiden Yudhoyono Berharap Konflik Libya Segera Berakhir

Presiden Yudhoyono Berharap Konflik Libya Segera Berakhir

Indonesia Desak Gencatan Senjata di Libya

Indonesia Desak Gencatan Senjata di Libya

Dewan Da’wah Adakan Seminar “Skenario Kebangkitan Islam Melayu”

Dewan Da’wah Adakan Seminar “Skenario Kebangkitan Islam Melayu”

Harist Abu Ulya: Muhaimin Tak Perlu Kambing Hitamkan Rohis

Harist Abu Ulya: Muhaimin Tak Perlu Kambing Hitamkan Rohis

FPI: Habib Rizieq Menolak Bertemu Jokowi di Makkah

FPI: Habib Rizieq Menolak Bertemu Jokowi di Makkah

Baca Juga

Berita Lainnya