Rabu, 17 Februari 2021 / 5 Rajab 1442 H

Nasional

Wantim MUI: Menolak LGBT Berarti sesuai Pancasila

zulkarnain/hidayatullah.com
Rapat Pleno ke-24 Dewan Pertimbangan MUI di kantor MUI, Jakarta, Rabu (31/01/2018).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim MUI) mendesak DPR dan Pemerintah untuk tidak mengabaikan dasar negara Pancasila dalam merumuskan undang-undang (UU) soal lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT).

“Dewan Pertimbangan MUI bersama para ulama dan zuama yang tergabung dalam one team, meminta bahkan mendesak kepada DPR atau Pemerintah yang berkewenangan untuk membentuk UU agar UU yang dibahas, dibentuk, dan disepakati menjadi hukum positif, jangan sampai mengabaikan baik UUD 1945 terutama dasar negara kita Pancasila yang sangat menekankan prinsip ketuhanan,” ujar Ketua Wantim MUI, Prof Din Syamsuddin, saat konferensi pers usai Rapat Pleno ke-24 Wantim MUI di kantor MUI, Jakarta, Rabu (31/01/2018).

Din menegaskan, prinsip sila pertama berarti kebertuhanan dan keberagamaan. Jangan sampai ada produk hukum dan perundang-undangan yang mengabaikan agama pada sila pertama di Pancasila tersebut.

“Kalau agama yang menolak LGBT berarti Pancasila jangan sampai hukum yang disepakati bertentangan dengan Pancasila,” pesannya.

Baca: RUU KUHP, Din: DPR Jangan Beri Peluang LGBT

Sementara Anggota Wantim MUI yang juga konsen menyoroti LGBT, Sabriati Aziz, mengatakan, LGBT merupakan orientasi seksual yang tidak sesuai dengan hak asasi manusia di Indonesia. Sebab Indonesia berdasarkan pada UUD 1945 serta Pancasila yang di dalamnya bersilakan Ketuhanan Yang Maha Esa.

“Semua agama tidak setuju dengan perilaku LGBT. Hal ini kita harus lakukan untuk memastikan secara hukum, agar bangsa Indonesia ada perlindungan hukum terkait LGBT. Kalau tidak akan menjadi bias dan luas karena ada upaya untuk melegalkan LGBT,” pungkasnya.* Zulkarnain

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

KAMMI Desak Jokowi Pecat 10 Menteri yang Dinilai Gagal Tangani Pandemi

KAMMI Desak Jokowi Pecat 10 Menteri yang Dinilai Gagal Tangani Pandemi

Istri Surya Tegar Dengar Kabar Suaminya

Istri Surya Tegar Dengar Kabar Suaminya

Ba’asyir Minta Masyarakat Tak Reaktif Soal Pemindahannya

Ba’asyir Minta Masyarakat Tak Reaktif Soal Pemindahannya

Ketua Dewan Syuro PKS Ingatkan 3 Hal Penting Selama Sehari Dalam Hidup

Ketua Dewan Syuro PKS Ingatkan 3 Hal Penting Selama Sehari Dalam Hidup

Kisah Pejuang Subuh, Dari  Broken Hearted Sampai Clubbing

Kisah Pejuang Subuh, Dari Broken Hearted Sampai Clubbing

Baca Juga

Berita Lainnya