Busyro Desak Pansel Hakim MK Dibentuk Presiden, MA, dan DPR

"Bukan ditentukan sendiri dari MK."

Busyro Desak Pansel Hakim MK Dibentuk Presiden, MA, dan DPR
zulkarnain/hidayatullah.com
Ketua Muhammadiyah Busyro Muqoddas di Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Selasa (30/01/2018).

Terkait

Hidayatullah.com– Ketua PP Muhammadiyah, Busyro Muqoddas, menyatakan, dengan adanya pejabat Mahkamah Konstitusi (MK) yang mau habis masa tugasnya, maka seharusnya dibentuk panitia seleksi (pansel) hakim MK untuk meningkatkan integritas mereka.

Dibentuknya pansel agar belajar dari tiga kasus demoralitas yang cukup berbobot, kata dia, dan MK harus mengambil pelajaran dari situ.

“Kami mendorong, mendesak agar dibentuk pansel oleh Presiden, MA, dan DPR, bukan ditentukan sendiri dari MK,” ujarnya dalam konfrensi pers di Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Selasa (30/01/2018).

Baca: Madrasah Anti Korupsi Tuntut Arief Hidayat Mundur dari MK

Busyro yang juga mantan Pimpinan KPK juga meminta proses seleksi hakim MK selama ini harus dievaluasi, dengan menampung aspirasi masyarakat. Harapannya, bisa diperoleh hakim MK yang betul-betul berintegritas dan teruji integritasnya.

“Agar integritasnya teruji, harus dilibatkan masyarakat untuk bisa memberikan catatan, ini juga berlaku untuk pansel KPK dan KY, dan lain-lain,” tegasnya.* Zulkarnain

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !