Aksi Bela Palestina di Surabaya

Ada pun poin-poin yang menjadi tuntutan mereka di antaranya, mengecam keras pernyataan Trump yang mengakui dan menjadikan Al-Quds sebagai ibu kota Israel.

Aksi Bela Palestina di Surabaya
sirajuddin/hidayatullah.com
Massa Aksi Bela Palestina di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (15/12/2017).

Terkait

Hidayatullah.com– Pengakuan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait Baitul Maqdis sebagai ibu kota Zionis-Israel kian mendapatkan kecaman dari umat Islam se-dunia. Aksi protes pun terjadi dimana-mana.

Di Surabaya, ribuan umat Islam dari berbagai organisasi yang tergabung dalam Gerakan Umat Islam Bersatu (GUIB) Jawa Timur melakukan aksi protes di dekat kantor Konsulat Jenderal (Konjen) AS di Jl Citra Niaga, Sambikerep, Surabaya, Jatim, Jumat siang (15/12/2017).

Baca: KH Ma’ruf Amin Serukan Masyarakat Indonesia Hadiri Aksi Bela Palestina

Perwakilan dari berbagai organisasi menyampaikan orasinya. Ketua MUI Surabaya, Imanan, menyampaikan dalam orasinya bahwa Donald Trump telah menabuh gendang perang dengan umat Islam.

“Darah dan daging mereka (Trump dan sekutunya) halal bagi kita,” orasinya.

Ada pun poin-poin yang menjadi tuntutan mereka di antaranya, mengecam keras pernyataan Trump yang mengakui dan menjadikan Al-Quds sebagai ibu kota Israel.

Pernyataan Trump pun dinilai sebagai bentuk statement illegal, provokatif, ahistoris, melanggar norma dan etika serta hukum internasional.

“Merupakan bentuk agresi, perbuatan terorisme yang nyata dalam tata pergaulan masyarakat dunia (the Real Terrorism),” sebut poin selanjutnya.

Baca: Aksi Bela Palestina, MUI Undang Seluruh Elemen Bangsa Berpartisipasi

Pantauan hidayatullah.com, massa juga mendesak Presiden AS Trump untuk mencabut keputusan kontroversial yang telah mendapatkan resistensi dan penolakan dari masyarakat Internasional dan pemimpin dunia, pemicu instabilitas global, dan mendorong aksi-aksi kekerasan.”

Demikian beberapa poin yang tertulis dalam surat pernyataan resmi yang kemudian saat itu akan diserahkan ke Konjen AS Surabaya.*/ Sirajuddin Muslim

 

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !