Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Anies Ajak Masyarakat Dukung dan Doakan Kemerdekaan Palestina

detik
Anies pake syal RI-Palestina dalam kunjungan kerja di Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (08/12/2017).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak masyarakat Indonesia untuk melakukan langkah dukungan dan doa dalam mencapai kemerdekaan Palestina.

“Doa dan dukungan kita bagi perjuangan dan bagi kemerdekaan rakyat Palestina. Doa bagi ibu-ibu di Palestina untuk terus melahirkan pejuang, doa bagi keluarga-keluarga di Palestina utk terus membesarkan pejuang, dan doa untuk dunia agar tetap berdiri tegak di sisi keadilan: Kemerdekaan Palestina! *ABW,” ujar Anies di Jakarta, Jumat (08/12/2017) lewat akun media sosial terverifikasinya di Instagram.

“Kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Perjuangan untuk merdeka sesungguhnya memang jalan yang panjang dan mendaki. Setiap kejadian seperti ini (penjajahan Israel atas Palestina, Red) adalah pompa bagi perjuangan,” tulisnya.

Baca: 72 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Jangan Lupakan Palestina

Dalam pernyataan cukup panjangnya itu, Anies mengingatkan masyarakat akan sikap tegas Presiden pertama Indonesia, Soekarno, atas Israel.

Dalam tulisan panjang Anies sebagai keterangan pada unggahan fotonya, pantauan hidayatullah.com, tampak Anies yang berpeci hitam dan berkoko putih mengenakan syal bermotif bendera Indonesia dan Palestina.

Saat kunjungan kerja ke Kota Administrasi Jakarta Timur, di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Jumat pagi tadi, Anies mengenakan pakaian serupa.

Berikut tulisan panjang Anies:

“Dunia terperangah. Shocked! Langkah Presiden Trump yang menyatakan pengakuan Yerusalem sebagai ibukota Israel telah merusak tatanan dan melanggar semua kesepakatan yang pernah ada.

Kita mendukung pernyataan tegas Presiden @Jokowi dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam mengecam keras langkah Presiden Trump, menunjukkan bahayanya langkah tersebut bagi stabilitas keamanan Timur Tengah dan dunia.

Masalah Palestina adalah masalah kemanusiaan. Telah ditegaskan pula sikap bangsa Indonesia terhadap kemerdekaan. Bahkan dalam ASIAN GAMES 1962, Presiden Soekarno menolak keikutsertaan Israel. Kita wajib menjaga ketegasan ini!

Baca: Gubernur Jabar: Bela Palestina Kewajiban Agama

Kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Perjuangan untuk merdeka sesungguhnya memang jalan yang panjang dan mendaki. Setiap kejadian seperti ini adalah pompa bagi perjuangan.

Doa dan dukungan kita bagi perjuangan dan bagi kemerdekaan rakyat Palestina. Doa bagi ibu-ibu di Palestina untuk terus melahirkan pejuang, doa bagi keluarga-keluarga di Palestina utk terus membesarkan pejuang, dan doa untuk dunia agar tetap berdiri tegak di sisi keadilan: Kemerdekaan Palestina! *ABW.”

“Allahu Akbar !!!,” sambut warganet @megasusanto mengomentari pernyataan Anies itu.

“Barakallahu fik pak Anis #kamibersamapalestina,” tulis @misbahazar. Meskipun ada juga yang nyinyir dengan unggahan tersebut.

Mendorong kemerdekaan Palestina bukan semata-mata berangkat dari kewajiban kemanusiaan, tetapi lebih dari itu adalah kewajiban agama. Demikian ditegaskan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dalam sambutannya pada hari pertama Konferensi Internasional untuk Pembebasan al-Quds dan Palestina di Hotel Savoy Homann, Bandung, Jawa Barat (04/07/2012).

“(Semangat membebaskan Palestina) lebih karena kewajiban iman, kewajiban aqidah, kewajiban kepada Allah SWT,” ujarnya di hadapan peserta International Conference for The Freedom of Al-Quds & Palestine yang digelar Aqsa Working Group (AWG) itu.*

Baca: Ulama Palestina Doakan Umat Islam Indonesia Bisa Shalat di Masjidil Aqsha

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Cegah Covid-19, Masjid Istiqlal Tiadakan Shalat Jumat Hari ini dan 27 Maret

Cegah Covid-19, Masjid Istiqlal Tiadakan Shalat Jumat Hari ini dan 27 Maret

HNW: Tolak RUU Cilaka jika Mencabut Kewajiban Sertifikasi Halal

HNW: Tolak RUU Cilaka jika Mencabut Kewajiban Sertifikasi Halal

Kontras: Kepercayaan Publik Terhadap Polri Terkikis

Kontras: Kepercayaan Publik Terhadap Polri Terkikis

Gerakan LGBT Makin Sistematis, Sampai Buat Teori Pendukung

Gerakan LGBT Makin Sistematis, Sampai Buat Teori Pendukung

Pelajar Kota Padang Wajib  Didikan Subuh dan Wirid

Pelajar Kota Padang Wajib Didikan Subuh dan Wirid

Baca Juga

Berita Lainnya